Selasa 06 Apr 2021 09:14 WIB

Clubhouse Memungkinkan Penggunanya Membayar Kreator

Rencana ini adalah alat monetisasi pertama yang terpasang langsung ke dalam aplikasi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Aplikasi Clubhouse.
Foto: Clubhouse/Google Play Store.
Aplikasi Clubhouse.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Aplikasi audio sosial Clubhouse memungkinkan semua pengguna membayar kreator lain mulai Senin (5/4). Ini adalah alat monetisasi pertama yang terpasang langsung ke dalam aplikasi.

Clubhouse mengatakan itu tidak akan memotong pembayaran. Ini artinya pembuat konten mendapatkan keseluruhan dari apa yang dikirim seseorang kepada mereka.

Baca Juga

“Namun, tidak semua orang dapat menerima pembayaran, yang akan diluncurkan secara bergelombang, dimulai dengan kelompok uji kecil,” kata Clubhouse, dilansir dari The Verge, Selasa (6/4).

Untuk membayar kreator Clubhouse, caranya adalah ketuk profil mereka, lalu ketuk tombol 'Send Money', lalu pilih berapa banyak Anda mengirimkan uang. Anda juga harus membayar biaya pemrosesan kartu kecil yang dibayarkan ke Stripe, yang merupakan mitra pemrosesan pembayaran Clubhouse. Pertama kali mencoba membayar seseorang, Clubhouse akan meminta Anda untuk menambahkan kartu kredit atau debit.

Berita tentang pembayaran langsung datang beberapa pekan setelah Clubhouse mengumumkan program akselerator pembuat konten pertamanya, Clubhouse Creator First, yang akan melibatkan 20 calon pembawa acara dan pembuat konten untuk membantu mereka membangun pemirsa dan memonetisasi acara mereka.

Akselerator dan pembayaran langsung yang baru dapat memberi kreator lebih banyak insentif untuk tetap di Clubhouse, daripada beralih ke salah satu dari banyak platform media sosial yang telah menyalin format audio sosial Clubhouse. Saat ini, Clubhouse hanya tersedia di iOS sebagai aplikasi khusus undangan, meskipun versi Android sedang dalam pengerjaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement