Kemenag Keluarkan Panduan Pelaksanaan Ibadah Ramadhan

Red: Agung Sasongko

 Senin 05 Apr 2021 21:22 WIB

Ramadhan Foto: Republika/Wihdan Hidayat Ramadhan

Kementerian Agama mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri 1442 Hijriyah secara berjamaah saat masa pandemi.

Dalam surat edaran Nomor 3 Tahun 2021 yang diterbitkan pada Senin (5/4), pelaksanaan tarawih dan shalat Idul Fitri dibatasi hanya 50 persen dari total kapasitas tempat yang digunakan.

"Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memerhatikan protokol kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan covid-19 mengalami peningkatan berdasarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 untuk seluruh wilayah negeri atau pemerintah daerah di daerahnya masing-masing," demikian bunyi surat edaran yang ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga

Begitupun dengan shalat fardu, tarawih, tadarus Alquran yang juga harus memerhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

"Shalat fardu lima waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus Alquran, dan iktikaf dengan pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas masjid/musala dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, menjaga jarak aman satu meter antarjamaah, dan setiap jamaah membawa sajadah/mukena masing-masing," tulisnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X