Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Pangkalan Militer Irak Dihantam Dua Roket

Senin 05 Apr 2021 06:32 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah

Pangkalan Militer Irak Dihantam Dua Roket

Pangkalan Militer Irak Dihantam Dua Roket

Foto: EPA
Pangkalan militer tersebut menampung kontraktoer dari AS.

REPUBLIKA.CO.ID, TIKRIT -- Dua roket jatuh di daerah pinggir kota dekat pangkalan udara militer yang menampung kontraktor-kontraktor Amerika Serikat (AS), Ahad (4/4). Petugas keamanan mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Militer Irak mengatakan roket-roket itu mendarat di luar pagar pangkalan militer tersebut. Pejabat keamanan mengatakan penyelidikan awal menemukan serangan itu mengincar pangkalan udara Balad di utara Baghdad.

Baca Juga

Namun roket-roket tersebut jatuh lebih awal dan menghantam desa al-Bu Asi. Serangan terakhir ke pangkalan udara Balad terjadi pada 15 Maret lalu ketika lima roket menghantam pangkalan militer tersebut.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan ini. Tetapi pemerintah Irak melaporkan sejumlah kelompok yang didukung Iran mengklaim serangan serupa sebelumnya.

Pemerintah AS menuduh milisi yang didukung Iran atas serangan rutin terhadap fasilitas-fasilitas AS di Irak. Termasuk serangan di dekat kedutaan besar AS di Baghdad.

Kelompok paramiliter yang didukung Iran menuntut semua pasukan asing ditarik mundur dari Irak. Termasuk pasukan AS yang kini tinggal 2.500 pasukan.

Koalisi yang dipimpin AS yang memerangi milisi ISIS masih beroperasi di Irak. Begitu pula pasukan Nato yang bertugas melatih pasukan Irak.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA