Sabtu 03 Apr 2021 20:50 WIB

WBA Permalukan Chelsea 5-2 di Stamford Bridge

Catatan positif Tuchel dalam 15 partai tak terkalahkan bersama Chelsea terpaksa hangu

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Billy Gilmour dari Chelsea beraksi pada pertandingan sepak bola perempat final Piala FA Inggris antara Chelsea dan Sheffield United di stadion Stamford Bridge di London, Minggu, 21 Maret 2021.
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Billy Gilmour dari Chelsea beraksi pada pertandingan sepak bola perempat final Piala FA Inggris antara Chelsea dan Sheffield United di stadion Stamford Bridge di London, Minggu, 21 Maret 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Thomas Tuchel menelan kekalahan pertama bersama Chelsea dengan skor telak 2-5 atas tim kuda hitam West Bromwich Albion (WBA) pada pekan ke-30 Liga Primer Inggris 2020/2021, yang berlangsung di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (3/4) malam WIB.

Catatan positif Tuchel dalam 15 partai tak terkalahkan bersama Chelsea terpaksa hangus. Pasalnya, Kai Havertz dan kawan-kawan menelan kekalahan pertama di bawah besutan Tuchel dengan skor 2-5 dari tim papan bawah WBA.

Tuan rumah sempat unggul satu gol yang dicatat Christian Pulisic menit ke-27. Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama mengingat pada masa injury time babak pertama WBA membalikan kedudukan menjadi 2-1 melalui brace Matheus Pereira.

Adapun memasuki interval kedua Chelsea hanya mampu menambah catatan satu golnya melalui Mason Mount pada menit ke-71, dengan ketiga gol susulan WBA hadir lewat dua gol Callum Robinson menit ke-63, 90+1, dan Mbaye Diagne menit ke-68.

Berkat hasil minor ini the Blues tertahan di peringkat empat dengan perolehan angka 51, pun gagal memangkas perolehan poin dari Leicester City di kursi ketiga.

Sementara itu posisi mereka juga terancam oleh West Ham United di kursi kelima yang hanya terpaut dua poin di peringkat kelima.

Untuk WBA, tim besutan Sam Allardyce semakin menemukan kepercayaan diri untuk bisa lolos dari jeratan degradasi. Saat ini WBA terjerembab di klasemen ke-19 dengan nilai 21 poin tertinggal tujuh angka dari Newcastle United di posisi ke-17.

Main di kandang sendiri, Chelsea sebenarnya memulai pertandingan dengan baik. The Blues mampu unggul lebih dahulu saat laga berjalan 27 menit.

Winger asal Amerika Serikat Christian Pulisic membuka keunggulan Chelsea. Pulisic menyambar bola rebound sepakan Marcos Alonso yang membentur tiang gawang.

Namun dua menit kemudian malapetaka menimpa Chelsea. Mereka harus main dengan 10 pemain. Thiago Silva harus meninggalkan lapangan karena menerima kartu kuning kedua. Silva melanggar Okay Yokuslu.

Chelsea sempat punya peluang menggandakan skor pada menit 42 dan menit ke-44. Namun peluang bek kanan Reece James masih bisa digagalkan kiper WBA, Sam Johnstone.

Usai melakukan penyelamatan gemilang dan penting. Johnstone berperan membantu WBA menyamakan skor di menit ketiga tambahan waktu babak pertama. Bola sepakan Johnstone diterima Matheus Pereira. Dengan dingin Pereira memperdaya kiper Chelsea Edouard Mendy.

Secara luar biasa WBA kemudian berbalik unggul di menit kelima tambahan waktu babak pertama. Kembali Pereira yang mencetak gol. Gol ini terjadi akibat buruknya backpass dari James.

Memasuki interval kedua, Chelsea kembali melakukan pergantian pemain. Pulisic digantikan Mason Mount. Pergantian itu tak banyak berpengaruh pada pola permainan tim.

Chelsea tetap masih kesulitan mengembangkan permainan, lantaran kalah jumlah pemain dari tim tamu.

Nahas, armada Thomas Tuchel justru kembali kebobolan pada menit ke-63. Callum Robinson bisa meneruskan umpan terukur Darnell Furlong dari sisi kanan, dengan sontekan yang mengirim bola masuk ke gawang Edouard Mendy.

Gawang Chelsea menjadi bulan-bulanan, setelah kembali dibobol West Brom menit ke-68. Kini giliran Mbaye Diagne yang mencatatkan namanya di papan skor. Chelsea tertinggal 1-4.

Chelsea bisa memperkecil ketertinggalan pada menit ke-71.Pemain pengganti Mason Mount bisa membuat gol, memanfaatkan sodoran Timo Werner di mulut gawang.

Usai bikin gol, Chelsea sempat bersemangat. Beberapa peluang didapat lagi lewat Kurt Zouma dan Mason Mount, namun belum berbuah gol.

WBA kembali memperlihatkan keganasan pada masa injury time. Callum Robinson membuat gol keduanya, dan membawa keunggulan 5-2 bagi West Bromwich atas Chelsea. Skor bertahan hingga laga bubar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement