Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Thursday, 22 Rabiul Awwal 1443 / 28 October 2021

Pria Berpisau Ditangkap di Masjidil Haram

Jumat 02 Apr 2021 07:10 WIB

Red: Ani Nursalikah

Pria Berpisau Ditangkap di Masjidil Haram. Pasukan khusus Arab Saudi yang menjaga keamanan Masjidil Haram.

Pria Berpisau Ditangkap di Masjidil Haram. Pasukan khusus Arab Saudi yang menjaga keamanan Masjidil Haram.

Foto: Saudigazette
Pria tersebut diketahui meneriakkan dukungan kepada kelompok teroris.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Pasukan Keamanan Haram menahan seorang pria yang membawa sebilah pisau di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Selasa siang (30/3). Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (1/4), juru bicara polisi wilayah tersebut mengatakan pria tersebut diketahui meneriakkan dukungan kepada kelompok dan organisasi teroris.

Aksinya terjadi setelah sholat ashar di lantai pertama masjid suci. "Pria tersebut segera ditahan dan dia akan menghadapi tindakan hukum," ujar juru bicara itu. 

Baca Juga

Sebelumnya, di Masjidil Haram juga terjadi insiden. Sebuah mobil merek Hyundai berwarna krem tiba-tiba melaju dan meluncur ke Masjidi Haram di Kota Makkah, Arab Saudi pada 30 Oktober 2020 sekitar pukul 22.25 waktu setempat. Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut.

Dalam akun Twitter, @hsharifain, terlihat di video mobil sedan tersebut menabrak gate 89 King Fahd hingga membuat pintu masjid menjadi rusak dan terbelah.  “Sopirnya ditangkap. Dia adalah warga negara Saudi dan berada dalam kondisi yang tidak wajar. Dia dirujuk ke penuntutan publik," ujar laporan SPA.

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan pada Ahad (28/3) tidak ada pertemuan buka puasa atau itikaf di dua masjid suci, yakni Masjidil Haram, Makkah dan Masjid Nabawi, Madinah selama Ramadhan. Kepala Urusan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman al-Sudais mengatakan penangguhan pertemuan di dua masjid itu akan berlanjut selama bulan suci Ramadhan nanti.

Dia mengumumkan langkah-langkah tersebut dalam pertemuan tahunan yang diadakan untuk meluncurkan rencana pemerintah dalam Ramadan tahun ini. Dalam pertemuan itu, Sheikh Sudais menyebut selama Ramadhan, kegiatan berfokus pada penghentian penyebaran virus corona. Ini termasuk vaksinasi, menjaga jarak, dan memakai masker untuk menjaga keselamatan serta kesehatan jamaah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by قناة الجزيرة مباشر (@aljazeeramubasher)

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA