Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Rusia Daftarkan Perdana Vaksin Covid-19 untuk Hewan

Rabu 31 Mar 2021 17:10 WIB

Red: Nur Aini

Vaksin Rusia Sputnik V

Vaksin Rusia Sputnik V

Foto: EPA-EFE/Maxim Shipenkov
Rusia sudah mempunyai tiga vaksin Covid-19 untuk manusia

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Rusia mendaftarkan vaksin Covid-19 pertama untuk hewan. Hal itu diungkap badan pengawas keamanan pertanian, Rosselkhoznadzor, pada Rabu (31/3).

Rusia sudah mempunyai tiga vaksin Covid-19 untuk manusia, dengan vaksin Sputnik V yang paling populer. Moskow juga menyetujui penggunaan darurat dua vaksin Covid-19 lainnya, yakni EpiVacCorona dan CoviVac.

Baca Juga

Vaksin untuk hewan, yang dikembangkan oleh salah satu unit Rosselkhoznadzor, dinamai Carnivac-Cov, katanya."Uji klinis Carnivac-Cov, yang dimulai pada Oktober lalu, melibatkan hewan anjing, kucing, rubah Arktik, cerpelai, rubah dan berbagai hewan lainnya," Wakil Kepala Rosselkhoznadzor Konstantin Savenkov, menerangkan.

"Hasil uji klinis memungkinkan kami untuk menyimpulkan bahwa vaksin tersebut tidak berbahaya dan sangat imunogenikkarena semua hewan yang divaksin menunjukkan antibodi terhadap virus corona pada 100 persen kasus."

Kekebalan tubuh berlangsung selama enam bulan pascavaksinasi, tetapi para produsen vaksin masih terus menganalisis aspek tersebut, kata badan itu. Rosselkhoznadzor menambahkan bahwa produksi massal vaksin bisa mulai dilakukan secepatnya pada April

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA