Ahad 28 Mar 2021 19:10 WIB

Indonesia Mulai Digitalisasi Keuangan Masjid

Bank Syariah Indonesia mulai peolpori digitalisasi keuangan masjid

Masjid di Indonesia
Foto: Anadolu Agency
Masjid di Indonesia

IHRAM.CO.ID, Jakarta -- Bank Syariah Indonesia bersinergi dengan Kementerian Agama (Kemenag) mengimplementasikan digitalisasi keuangan di Masjid.

“Aplikasi Syariah ini juga tentunya menunjang kemajuan masjid, baik dari segi banyaknya donatur, maupun kemudahan takmir untuk mengelola dana yang masuk via aplikasi,” jelas dia.

Pada tahap awal, masjid di seluruh lingkungan Kementerian atau Lembaga akan memanfaatkan aplikasi BSI mobile sebagai alat untuk pembayaran Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

QRIS merupakan metode transaksi digital untuk menyatukan berbagai QR code.

Menurut Direktur Sales & Distribution Bank Syariah Indonesia Anton Sukarna, pemanfaatan BSI Mobile dan QRIS ini dapat memudahkan masjid dalam mengelola transaksi dan masyarakat untuk melakukan pembayaran Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf secara non tunai.

“Layanan BSI mobile ini mudah-mudahan dapat menjadi solusi keuangan bagi masjid dan seluruh elemen masyarakat untuk memudahkan transaksi keuangan,” kata dia dalam siaran pers, Jumat.

Penguatan layanan digital BSI, lanjut Anton, juga merupakan bagian dari dukungan terhadap percepatan transformasi perekonomian digital Indonesia sehingga dapat membuka akses masyarakat di berbagai wilayah Indonesia, serta mempermudah kegiatan perekonomian.

Direktur Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Moh Agus Salim menjelaskan, sebagai pusat peradaban, masjid memiliki fungsi sentral bagi umat Islam.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement