Ahad 28 Mar 2021 08:41 WIB

Dukung Tren Bersepeda, United Bike Andalkan ATR Cycling

Indonesia akan segera memiliki lintasan sepeda terbesar di kawasan Asia.

Sepeda bermotif batik. Sepeda ini diganjara rekor MURI.
Foto: Dok. Unib
Sepeda bermotif batik. Sepeda ini diganjara rekor MURI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lintasan sepeda atau trek terbesar di kawasan Asia segera dimiliki Indonesia. Trek ini nantinya bakal dibangun multifungsi untuk semua jenis pertandingan cabang olahraga balap sepeda.

Rencananya, lintasan sepeda itu akan dibangun pabrikan sepeda United Bike di kawasan Jateng Valley, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah dengan luas tanah sekitar 400 hektar.

"Rencana itu sedang kami matangkan. Nantinya, kami akan membangun kawasan balap sepeda multifungsi, selain trek juga untuk balapan BMX atau MTB," kata Komisaris ATR Cycling/United Bike, Henry Mulyadi di sela-sela peresmian ATR Cycling di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Sabtu (27/3).

Ia menjelaskan, rencana pembangunan sarana dan prasarana bertaraf internasional itu salah satu upaya dari United Bike untuk membantu melahirkan atlet-atlet sepeda andal di Tanah Air.

"Kami saat ini telah membina sebanyak 40 atlet dari nomor BMX hingga Road Bike yang digodok agar mereka mampu berprestasi di percaturan balap sepeda internasional bermarkas di Malang, tujuannya agar lahir pembalap sepeda andal di Indonesia," kata dia.

Sepak terjang United Bike di dunia persepedaan Tanah Air memang sudah lama terlihat. Membuka showroom pertamanya di Slipi, Jakarta Barat pada 2004 silam, kini United Bike terus menancapkan kukunya di industri ini

Menjawab kebutuhan gaya hidup bersepeda di tengah masyarakat yang semakin tinggi, United Bike pun menghadirkan ATR Cycling sebagai salah satu wadah pemenuhan kebutuhan bersepeda yang berkualitas dan lengkap.

Komisaris United Bike Erik Tan mengatakan, pada bulan November 2020, ATR Cycling secara resmi membuka toko retail pertamanya yang berlokasi di Pluit, Jakarta Utara. Kini, dengan semakin tingginya minat dan antusiasme masyarakat terhadap produk sepeda dan spare parts dan aksesoris lainnya, ATR Cycling kembali membuka store terbarunya di Pantai Indah Kapuk (PIK), dengan luas lebih dari 1.000 m2.

"Berbagai jenama sepeda ternama tersedia di store yang belokasi di Pusat Sepeda @ Ebony 2, Pantai Maju tersebut, seperti United Bike, Avand, Genio, 3Sixty, Shadow dan Rubick. Selain itu, terdapat spare parts dan aksesoris lainnya yang memiliki pilihan varian yang beragam, seperti Shimano, Nautilus, Raze dan Continental," kata dia.

Pada peresmian kali ini, diselenggarakan juga prosesi pemberian penghargaan dari MURI dengan rekor “Sepeda Motif Batik dengan Tipe Terbanyak” kepada United Bike, terhadap sepeda kolaborasi “United Bike x Carmanita”. Erik mengatakan, itu merupakan sepeda dengan motif batik modern yang dilakukan secara handmade dengan teknik air brush, yang dirilis dalam beberapa jenis sepeda.

"Yakni Clovis 8.00 (jenis MTB / sepeda gunung), Stygma (jenis Road Bike / sepeda balap), E-Trifold (jenis Electric Folding Bike / sepeda lipat elektrik), Trifold 11 (jenis Folding Bike / sepeda lipat), Black Horse X (jenis Folding Bike / sepeda lipat), Orion (jenis Folding Bike / sepeda lipat), TC-3650 (jenis City Bike / sepeda mini), ATR Cycling Store Pluit dan Pantai Indah Kapuk merupakan bagian dari sebuah project ekspansi besar untuk pengembangan usaha retail di seluruh Indonesia," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement