Ahad 28 Mar 2021 07:25 WIB

Tips Mudah Saat Ganti Oli di Rumah

Oli merupakan salah satu hal utama penunjang performa dan keawetan mesin.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Berkendara motor (ilustrasi)
Foto: Piqsels
Berkendara motor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pandemi mengajarkan masyarakat untuk lebih mandiri. Demi menekan kontak fisik dengan orang lain, maka sejumlah keperluan pun kini lebih banyak dilakukan sendiri di rumah.

Salah satu hal yang dapat dilakukan secara mandiri adalah ganti oli kendaraan. Hal ini terbilang krusial karena pelumas merupakan salah satu hal utama penunjang performa dan keawetan mesin.

Baca Juga

Berkaitan dengan hal tersebut, PT Timur Raya Karya Mandiri (TRKM Group) selaku distributor tunggal Deltalube pun membagikan sejumlah tips dalam melakukan penggantian oli. Technical Support Manager PT TRKM Group, Yese M.T. Simanjuntak mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan sejumlah peralatan pendukung.

"Peralatan yang dibutuhkan diantaranya adalah kunci pas, corong oli dan tempat penampung oli bekas. Biasanya kunci pas yang digunakan adalah kunci dengan ukuran 12, 14, 17, 19, atau 21 mm sesuai dengan masing-masing kendaraan," kata Yese dalam keterangan pers kepada Republika.co.id pada Jumat (26/3).

Setelah peralatan disiapkan, pengendara pun dapat mulai melakukan proses penggantian oli. Ia menyarankan, proses ini dilakukan saat mesin tidak dalam kondisi panas. Menurutnya, hal ini perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi drat dan baut bak oli.

Artinya, jika memang mesin masih dalam kondisi panas, maka pengendara dapat mendiamkan sejenak agar temperatur mesin berkurang. Setelah itu, baru kemudian pengendara dapat membuka baut pembuangan oli yang terletak di bagian bawah mesin.

Untuk pengguna mobil, maka proses ini perlu didukung oleh dongkrak sehingga mobil berada dalam kondisi yang lebih tinggi untuk memudahkan proses dalam membuka baut tersebut.

Dalam proses ini, pastikan tempat penampung oli bekas telah disiapkan di bawah mesin sehingga oli yang keluar dari mesin dapat langsung tertampung dengan baik. "Kemudian tunggu beberapa saat hingga oli bekas di dalam mesin telah keluar seluruhnya," ucap dia.

Setelah itu, pasang kembali baut tersebut dengan posisi yang tepat dan pastikan baut tersebut telah terpasang dengan rapat. Berikutnya, pengendara juga dapat sekaligus memeriksa filter oli. Komponen ini harus selalu dalam kondisi optimal karena berperan dalam menjaga kebersihan oli yang berada di dalam mesin.

Selanjutnya, pengendara dapat mulai memasukan oli mesin lewat lubang inlet oli. Pastikan volume oli yang dimasukan sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan. Dengan begitu, maka pengendara telah melakukan proses penggantian oli dengan benar sehingga kondisi mesin selalu terjaga.

Berkaitan dengan kebutuhan untuk melakukan penggantian oli secara mandiri, Deltalube pun menyikapinya dengan menghadirkan terobosan lewat sajian Official Store Deltalube di Tokopedia dan Shopee. Business Development PT TRKM Group, Mandaoni Butarbutar mengatakan, kehadiran toko online pada sejumlah marketplace ini sengaja dilakukan demi dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan pembelian oli tanpa harus pergi ke toko oli atau bengkel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement