Jumat 26 Mar 2021 11:17 WIB

Terus Berbenah, Aset Asabri Tumbuh Rp 2,9 Triliun di 2020

Asabri terus berbenah hingga dapat Opini Wajar Tanpa Modifikasi dari KAP independen

PT ASABRI (Persero) terus berbenah diri di tengah permasalahan hukum terkait penurunan asset yang signifikan selama periode sampai dengan 2019. Selama tahun 2020, Manajemen telah melakukan pembenahan-pembenahan di area keuangan, layanan, dan tata kelola Perusahaan.
Foto: ASABRI
PT ASABRI (Persero) terus berbenah diri di tengah permasalahan hukum terkait penurunan asset yang signifikan selama periode sampai dengan 2019. Selama tahun 2020, Manajemen telah melakukan pembenahan-pembenahan di area keuangan, layanan, dan tata kelola Perusahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASABRI (Persero) terus berbenah diri di tengah permasalahan hukum terkait penurunan asset yang signifikan selama periode sampai dengan 2019. Selama tahun 2020, Manajemen telah melakukan pembenahan-pembenahan di area keuangan, layanan, dan tata kelola Perusahaan.

Pembenahan di area keuangan menunjukkan hasil yang baik, dimana asset bertumbuhsebesar Rp 2,9 triliun  atau meningkat 10 persen yang disebabkan strategi investasi yang lebih prudent serta kenaikan nilai pasar dari beberapa asset investasi. Penguatan cadangan juga dilakukan untuk menjamin pemenuhan kewajiban kepada Peserta di masa mendatang.

Penerimaan premi sepanjang tahun 2020 mencapai Rp 1,5 triliun. Pemenuhan kewajiban kepada Peserta telah terbayar secara tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tertib administrasi.

Nilai klaim Tabungan Hari Tua sebesar Rp 1,38 triliun telah dibayarkan kepada 54 ribu Peserta. Sementara klaim Jaminan Kecelakaan Kerjatelah dibayarkan kepada 450 Peserta dengan nilai sebesar Rp 64 miliar, pembayaran klaim Jaminan Kematian untuk 3 ribu peserta sebesar Rp 144 miliar, serta ASABRI telah menyalurkan pembayaran pensiun sebesar Rp 15,48 triliun dibayarkan kepada 439 ribu pensiunan.

Dalam pelaksanaan pembayaran baik klaim asuransi maupun pensiun, ASABRI didukung oleh 14 mitra bayar yang tersebar di seluruh Indonesia. Tahun 2020 mitra bayar ASABRI tersebar di 289 titik layanan dan meningkat menjadi 426 titik layanan per Februari 2021. 

Mitra bayar ASABRI adalah bagian dari ASABRILink yang merupakan pengembangan layanan berbasis IT untuk mempermudah dan mempercepat proses pengajuan klaim dimanapun para Peserta berada.

Pemanfaatan teknologi juga dilakukan sebagai bagian dari pengembangan layanan ASABRI melalui aplikasi ASABRIMobile. Dengan aplikasi ini Peserta dapat mengakses beberapa informasi termasuk akumulasi premi yang telah dibayarkan dan nilai manfaat saat ini.

ASABRIMobile juga menjadi sarana bagi Peserta untuk melakukan pemutakhiran data. Saat ini ASABRIMobile terus dikembangkan termasuk penggunaannya sebagai Kartu Peserta Asabri elektronik.

Pada area pembenahan tata kelola dilakukan review dan penguatan atas kebijakan terkait investasi, produk dan aktuaria serta manajemen risiko dilaksanakan secara konsisten. Dengan adanya penguatan tata kelola ini diharapkan ASABRI segera pulih dan terus mampu menjaga amanah sebagai pengelola jaminan sosial bagi prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS di lingkungan Kemhan dan Polri. 

Sebagai salah satu hasil dari pembenahan ini, Laporan Keuangan tahun 2020 mendapat opini Wajar Tanpa Modifikasian dari KAP Amir Abadi Yusuf, Aryanto, Mawar dan Rekan (RSM) baik atas Program Tabungan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian maupun Program Pensiun. Opini Laporan Keuangan tahun 2020 ini lebih baik dari opini Laporan Keuangan tahun 2018 dan 2019.

Direktur Utama ASABRI Wahyu Suparyono menyatakan Opini Wajar Tanpa Modifikasian ini merupakan penilaian pihak independen yang menunjukkan bahwa Laporan Keuangan ASABRI tahun 2020 telah disusun sesuai prinsip akuntansi yang berlaku dan praktik pencatatan transaksi yang wajar.

Sementara Komisaris Utama ASABRI Fary Djemi Francis memberikan apresiasi kepada jajaran Manajemen ASABRI. Beliau menekankan bahwakinerja ini merupakan hasil kolaborasi, militansi, dan ketekunan segenap unsur Manajemen. 

"Semua ini dilakukan demi kebaikan ASABRI. Dengan pencapaian yang baik ini, diharapkan Manajementerus melakukan pembenahan, karena kedepan masih banyak beragam tantangan yang harus dihadapi. Hal ini sangat diperlukan untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap ASABRI. Kolaborasi berbagai energi positif adalah suatu keharusan yang terus menjadi aksi dan harapan seluruh Insan ASABRI," ucap dia.

Manajemen ASABRI berkomitmen atas prioritas utama yakni kesejahteraan Peserta dan memastikan Peserta menerima hak-haknya serta tetap mengedepankan kesehatan Perusahaan sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement