Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

MUI Padang Ingin Sholat Jamaah di Masjid Kembali Normal

Rabu 24 Mar 2021 20:16 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

MUI Padang menilai sholat jamaah di masjid sudah bisa normal kembali. Ilustrasi sholat jamaah di masjid dengan protokol kesehatan

MUI Padang menilai sholat jamaah di masjid sudah bisa normal kembali. Ilustrasi sholat jamaah di masjid dengan protokol kesehatan

Foto: Edi Yusuf/Republika
MUI Padang menilai sholat jamaah di masjid sudah bisa normal kembali

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang mengeluarkan maklumat dan tausiyah. Dalam maklumat dan tausiyah tersebut MUI Kota Padang berharap sholat di masjid atau mushala di Kota Padang kembali dilaksanakan secara normal. Tidak seperti sejak awal pandemi sholat di masjid dilakukan berjarak-jarak.

 

Baca Juga

Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad, berharap sholat di masjid atau mushala di Kota Padang kembali dilaksanakan secara normal. Tidak seperti sejak awal pandemi sholat di masjid dilakukan berjarak-jarak.

 

"Maklumat dan Tausyah ini dikeluarkan MUI Kota Padang pada 31 Desember 2020. Salah satu isinya, sholat berjamaah termasuk sholat tarawih di masjid atau mushalla kembali dilaksanakan secara normal. Shaf rapi dan rapat. Tidak perlu berjarak lagi," kata Duski, Rabu (24/3).

 

Tapi di luar pengaturan shaf, protokol kesehatan menurut dia, tetap harus dijalankan. Menurut Buya Duski, pengurus masjid tetap menyediakan tempat cuci tangan, melakukan cek suhu dan memakai masker. Kemudian juga imbauan kepada jamaah agar membawa sajadah masing-masing dari rumah.

 

"Kita mendorong karena tiga alasan kita pada hari itu. Dan itu sudah mendengar pula pandangan Pak Doktor Andani. Pertama, wabah ini sudah terkendali. Dan bahwa pengobatannya sudah ada, masyarakat juga sudah punya kesadaran," ujar Duski.

 

Dia juga meminta semua elemen masyarakat dan pemerintah, khususnya umat Muslim untuk lebih disiplin dalam penerapan budaya hidup Islami dalam rangka mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 

 

Dengan cara membiasakan diri hidup bersih dengan berwudhu atau cuci tangan, menjaga jarak secara fisik dan pandangan dari hal-hal yang sia-sia dan maksiat. Kemudian memakan makanan yang bergizi dengan status halal, dan meningkatkan imunitas rohaniah dengan memperbanyak dzikir.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA