Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Jubir: Wapres Tetap Sarankan Ibadah Ramadhan di Rumah

Rabu 24 Mar 2021 15:37 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden Maruf Amin.

Wakil Presiden Maruf Amin.

Foto: Dok.KIP/Setwapres
Wapres tetap menyarankan agar masyarakat beribadah di rumah saat Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi mengatakan Wapres Ma'ruf Amin tetap menyarankan agar masyarakat beribadah di rumah saat Ramadhan. Masduki mengatakan, imbauan itu dilakukan demi mencegah penyebaran virus Covid-19. Ramadhan yang jatuh pada April mendatang merupakan tahun kedua bagi umat Islam di tengah pandemi Covid-19.

"Terkait imbauan agar beribadah di rumah, saya kira itu akan tetap dilakukan Wapres, karena kalau kerumunan itu saya kira harus dihindari," kata Masduki pada Rabu (24/3).

Masduki mengungkap, terkait Ramadhan juga, Pemerintah dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan guna memutuskan kebijakan ada tidaknya mudik pada lebaran tahun ini. Ia mengungkap, dalam pembahasan juga akan menyangkut sikap resmi Pemerintah terhadap ibadah saat Ramadan termasuk mudik lebaran.

"Karena memang  Ramadhan ini banyak sekali rangkaiannnya, tidak sekedar ibadah di awal dan di akhir dan akhirnya ada tradisi mudik dan itu juga menjadi persoalan yang pelik ya," kata Masduki.

Masduki mengatakan, meski memahami mudik lebaran merupakan tradisi masyarakat Indonesia. Namun, kondisi pandemi menjadi catatan penting untuk mengambil kebijakan mudik, yakni mencegah penyebaran virus Covid-19.

"Sebab dari sisi kita ingin mencapai target bagaimana agar herd immunity dan suksesnya vaksinasi itu harus kita laksanakan dan disitu masih ada pertemuan atau akan ada ratas," kata Masduki.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA