Senin 22 Mar 2021 10:46 WIB

Pangkoopsau I Pimpin Alih Komando dan Pengendalian Dua Lanud

Lanud Jenderal Besar Sudirman dan Iskandar bertukar di bawah Koopsau I ke Koopsau II.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsda Tedi Rizalihadi S menyerahkan alih komando dan pengendalian Lanud Jenderal Besar Soedirman.
Foto: Pen Koopsau I
Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsda Tedi Rizalihadi S menyerahkan alih komando dan pengendalian Lanud Jenderal Besar Soedirman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I Marsda Tedi Rizalihadi S memimpin acara alih komando dan pengendalian (kodal) dan administrasi dua lanud di Gedung Roesmin Nurjadin Markas Koopsau I, Jakarta Timur, Jumat (19/3). Penyerahan kodal dilakukan Pangkoopsau II Marsda Minggit Tribowo kepada Marsda Tedi secara daring.

Kini, Lanud Jenderal Besar Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah yang sebelumnya di bawah Koopsau I diserahkan ke Koopsau II. Sedangkan Lanud Iskandar Pangkalan Bun di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dari Koopsau II diserahkan ke Koopsau I.

Marsda Tedi mengatakan, peralihan kodal itu merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo. "Peralihan kodal dan administrasi Lanud Jenderal Besar Soedirman dan Lanud Iskandar merupakan tindak lanjut dari Instruksi KSAU Nomor Ins/2/II/2021 tanggal 25 Februari 2021 tentang pelaksanaan penataan kedudukan Lanud Jenderal Besar Soedirman dan Lanud Iskandar," kata Tedi dalam siaran pers.

Marsda Minggit menuturkan, Lanud Jenderal Besar Soedirman beralih kodal dari Koopsau I ke Koopsau II. Sementara Lanud Iskandar beralih lodal dari Koopsau II ke Koopsau I. Menurut dia, Lanud Iskandar merupakan tipe C yang dulu dibawah jajaran Koopsau II dan sekarang beralih kodal masuk ke jajaran Koopsau I.

"Lanud Iskandar berada di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, dipimpin oleh seorang Perwira menengah berpangkat Letkol. Komandan Lanud Iskandar sekarang adalah Letkol Nav Rudy Kurniawan," kata Minggit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement