Ramadhan Momentum Kampanye Wakaf Uang

Red: Ani Nursalikah

 Senin 22 Mar 2021 06:43 WIB

Ramadhan Momentum Kampanye Wakaf Uang. Ilustrasi Wakaf Uang Foto: Republika/Thoudy Badai Ramadhan Momentum Kampanye Wakaf Uang. Ilustrasi Wakaf Uang

Kendati wakaf tidak wajib, kontribusinya cukup besar bagi peradaban Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas) Kementerian Agama menyatakan Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah menjadi momentum tepat mengampanyekan gerakan wakaf uang.

Hal ini karena hingga saat ini bagi sebagian masyarakat masih asing dengan wakaf uang. "Bulan Suci Ramadhan ini biasanya perolehan dana zakat, infak, dan sedekah meningkat. Maka, wakaf uang juga harus kita sosialisasikan kembali kepada masyarakat," ujar Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nasar dalam keterangan tertulis, Ahad (21/3).

Baca Juga

Menurut dia, masyarakat saat ini lebih mengenal wakaf untuk benda tak bergerak, seperti tanah atau bangunan. Padahal, uang juga bisa dijadikan alat berwakaf mengiringi zakat.

Oleh karena itu, dengan meningkatnya perolehan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) setiap Ramadhan, momentum ini juga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi masyarakat terkait wakaf uang.

"Saat ini literasi masyarakat terhadap wakaf uang memang belum setinggi zakat. Maka dari itu, pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkenalkan wakaf uang secara lebih dalam," kata dia.

Kendati wakaf tidak bersifat wajib, kontribusinya cukup besar bagi peradaban Islam pada berbagai bidang, baik dakwah, pendidikan, kesehatan, sosial, dan ekonomi. "Keberhasilan pengelolaan wakaf hingga mampu berdampak bagi pembangunan sangat terkait erat dengan dukungan pemerintah, baik dari sisi regulasi, anggaran, hingga pembinaan," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X