Ahad 21 Mar 2021 23:13 WIB

SMP Bosowa Bina Insani Gelar Culture Day 2021

Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan kembali budaya-budaya Indonesia.

Kepala SMP Bosowa Bina Insani, Haposan Andy.
Foto: Dok SBBI
Kepala SMP Bosowa Bina Insani, Haposan Andy.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – SMP Bosowa Bina Insani Bogor menggelar Culture Day 2021, Kamis (18/3).  “Culture Day merupakan  salah satu program SMP Bosowa Bina Insani yang bertujuan memperkenalkan kembali budaya-budaya Indonesia,” kata Kepala SMP Bosowa Bina Insani, Haposan Andy melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Sabtu (20/3).

Ia menambahkan, dalam kegiatan ini,  siswa melakukan kreativitas sesuai dengan pengetahuan dan pengalamannya tentang budaya Nusantara. Hal itu mereka wujudkan melalui karya membuat makanan tradisional dan  mengambar suasana adat -- baik pakaian maupun  bangunan adat.

“Ada begitu banyak kekayaan budaya Indonesia yang perlu diketahui dan dihargai oleh para siswa-siswi agar nilai-nilai tradisi tertanam dalam pengetahuan mereka melalui proses pembelajaran eksplorasi di era pandemi. Hal itu sesuai dengan tema Culture Day 2021, yaitu ‘Bersama melestarikan budaya Indonesia di masa pandemi’,” ujarnya. 

photo
Contoh karya siswa SMP Bosowa Bina Insani Bogor di ajang  Culture Day 2021. (Foto: Dok SBBI)

Menurut Andy, di era milenial ini sangat jarang siswa-siswi melakukan eksplorasi budaya.  “Oleh sebab itu,  SMP Bosowa Bina Insani memandang  perlu membuat program ini sebagai ajang menanamkan nilai budaya Indonesia yang kita cintai,” tuturnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun.  “Jadi,  siswa selama tiga  tahun pasti mengikuti kegiatan eksplorasi budaya melalui  program yang kami  namakan  Culture Day,” kata Andy.

Ia menyebutkan, program Culture Day dirancang oleh OSIS. Tepatnya, di bawah program Kesiswaan melalui penanggung jawab OSIS.  Turut berperan dalam kegiatan ini adalah kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, khususnya Kesiswaan M  Aysar  F; pembina OSIS M  Arfan Tofani;  tim manajemen;  bapak dan ibu guru;  PABBI (komite sekolah);  ketua OSIS; dan seluruh siswa kelas 7, 8 dan 9.

“Karena masih situasi pandemi, Culture Day tahun 2021 dilakukan secara online dengan menampilkan karya-karya siswa,” kata Haposan Andy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement