Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Wagub Jabar Dukung RS Sidawangi Jadi RS Umum Syariah

Ahad 21 Mar 2021 07:48 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

Foto: Humas Pemprov Jawa Barat
RS Sidawangi adalah rumah sakit spesialis paru milik Pemdaprov Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau Rumah Sakit Paru Sidawangi di Jalan Pangeran Kejaksan Sidawangi Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, akhir pekan ini. RS Sidawangi adalah rumah sakit spesialis paru milik Pemdaprov Jabar. 

Wagub Uu menilai RS Paru Sidawangi ini layak untuk dijadikan RS Umum yang melayani berbagai keluhan kesehatan masyarakat. Selain melayani kesehatan paru dan saluran pernapasan, RS Paru Sidawangi juga sudah memiliki unit Medical Check Up (MCU) dan Poli Kandungan dan Kebidanan.

Baca Juga

“Rumah Sakit Paru ini harus berubah fungsi, yang tadinya rumah sakit khusus paru harus ditambah dengan pelayanan poli-poli yang lain. Supaya menjadi rumah sakit yang umum yang bisa melayani masyarakat dengan berbagai macam penyakit,” ujar Uu.

Uu mengatakan, fasilitas di rumah sakit itu memang sangat luar biasa. Wilayahnya luas sampai 10 hektare dan juga tempatnya sangat strategis, indah, nyaman dan sejuk.

Selain itu, kata Uu, RS Paru Sidawangi juga akan dibentuk menjadi RS berbasis syariah yang mengedepankan nuansa religius dalam setiap aktivitasnya. Rumah sakit mengutamakan pelayanan pasien laki-laki oleh dokter laki-laki dan pasien wanita dilayani oleh dokter wanita. Kemudian membiasakan pengucapan bismillah selama memeriksa pasien, membacakan doa, hingga bimbingan rohani kepada keluarga pasien rawat inap. 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA