Senin 15 Mar 2021 19:28 WIB

6 Keamanan dan Ketenangan yang Ditawarkan Islam

Islam memberikan ketenangan bagi para pemeluknya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Islam memberikan ketenangan bagi para pemeluknya. Ilustrasi Islam
Foto: Republika/Fakhri Hermansyah
Islam memberikan ketenangan bagi para pemeluknya. Ilustrasi Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keamanan dan ketenangan kehidupan adalah di antara rahmat yang diberikan Allah SWT, baik untuk setiap individu maupun suatu komunitas. 

Ketenangan selalu diperjuangkan setiap manusia dan bangsa agar tercapailah ketenangan itu. Berikut ini adalah lima macam nikmat ketenangan maupun keamanan dalam Islam:

Baca Juga

1. Keamanan diri 

Islam sebetulnya telah memberi keamanan jiwa dari berbagai bentuk kejahatan. Bahwa membunuh satu jiwa itu sama saja dengan membunuh semua orang. Allah SWT berfirman:

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ أَنَّهُۥ مَن قَتَلَ نَفْسًۢا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِى ٱلْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَآ أَحْيَا ٱلنَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَآءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِٱلْبَيِّنَٰتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِّنْهُم بَعْدَ ذَٰلِكَ فِى ٱلْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

"Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi." (QS Al-Maidah: 32)

2. Ketenangan pikiran 

Islam juga memberi ketenangan pikiran. Maka untuk itulah Islam melarang setiap Muslim untuk meminum khamar atau minuman keras karena dapat menyebabkan hilangnya akal dan celaka. Termasuk pula narkoba atau sejenisnya, sebab ini adalah penyakit yang mematikan yang bisa mengakibatkan kerusakan di muka Bumi, sehingga setiap Muslim harus menjauhinya. Allah SWT berfirman: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)." (QS Al-Maidah: 90-91)

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement