Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Trik Cepat Tidur dalam 5 Menit yang Viral di TikTok

Senin 15 Mar 2021 00:41 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Trik yang viral di TikTok ini diperkenalkan mahasiswa S2 Psikologi di Inggris.

Trik yang viral di TikTok ini diperkenalkan mahasiswa S2 Psikologi di Inggris.

Foto: Needpix
Trik yang viral di TikTok ini diperkenalkan mahasiswa S2 Psikologi di Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini ada cukup banyak orang yang mengalami kekurangan tidur. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan memperkirakan lebih dari 30 persen orang dewasa tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Salah satu penyebab seseorang kurang mendapatkan tidur yang cukup adalah kesulitan untuk tidur. Bagi orang-orang yang mengalami masalah kesulitan tidur atau insomnia, sebuah trik terkini yang sedang viral mungkin bisa membantu.

Baca Juga

Trik yang viral di media sosial TikTok ini diperkenalkan oleh seorang mahasiswa S2 jurusan psikologi di Inggris dengan akun TikTok @psychologee. Akun tersebut mengungkapkan bahwa trik ini dia ketahui dari profesornya.

"Profesor psikologi saya memberi tahu saya trik untuk tidur dalam lima menit ini, trik ini menyembuhkan insomnia saya," jelas akun @psychologee, seperti dilansir EatThis, Ahad (14/3).

Melalui sebuah video TikTok, akun tersebut menjelaskan bahwa trik ini sangat sederhana. Cukup pikirkan berbagai hal di kepala saat akan tidur. Akan tetapi pastikan bahwa hal-hal yang dipikirkan merupakan hal yang acak dan tidak saling berkaitan. Misalnya memikirkan kentang, lalu tarzan, kemudian biola, dan seterusnya.

"Semakin acak, semakin baik," jelas akun tersebut.

Video yang diunggah oleh akun @psychologee tersebut menjadi viral di TikTok dan sudah dilihat lebih dari 3,7 kali dan mendapatkan 1,1 juta likes. Banyak warganet yang mengatakan sangat terbantu dengan trik tersebut. Mereka mengatakan trik tersebut benar-benar membawa perubahan karena dapat membuat mereka tidur lebih cepat.

Baca juga : Istana Buckingham Selidiki Dugaan Penindasan Meghan Markle

"Saya selalu mengalami insomnia terburuk, tetapi sepekan ini saya mencoba trik ini dan berhasil tidur lelap sangat cepat," ungkap seorang pengguna TikTok dengan akun @Peppy.

Akan tetapi ada pula yang mengaku bahwa trik tersebut tidak berhasil bagi mereka. Salah satunya adalah pengguna TikTok dengan akun @albamoeller.

"Ini tidak bekerja (bagi saya)," pungkas akun tersebut.

Pada dasarnya, insomnia dapat dipicu oleh beragam hal. Sebagian di antaranya adalah tidak memiliki ritme hidup yang teratur, makan malam terlalu larut, stres, kecemasan, hingga konsumsi kafein dan alkohol.

Ahli tidur dari Beth Israel Deaconness Medical Center Suzzane Bertische MD MPH membagikan beberapa trik lain yang dapat membantu mempermudah tidur.

Baca juga : Awal Pekan, Harga Emas Antam Terkoreksi Rp 2.000 per Gram

Berikut ini adalah trik-trik tersebut.

1. Bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari. Hal ini tetap berlaku di akhir pekan.

2. Berbaring di tempat tidur saat sudah mengantuk. Bila tidak bisa tidur meski sudah mengantuk, coba tuliskan apa saja yang memicu kesulitan tidur tersebut, latihan yoga atau pernapasan lambat, atau lakukan teknik relaksasi lain. Trik yang viral di TikTok ini juga bisa dicoba.

3. Pastikan kamar tidur dalam kondisi gelap dan dingin. Hindari penggunaan gawai setidaknya dua jam sebelum tidur.

4. Gunakan kasur hanya untuk dua hal, yaitu tidur dan berhubungan seksual. Hindari kebiasaan untuk bekerja atau melakukan aktivitas lain yang tak berhubungan dengan tidur atau aktivitas seksual di atas kasur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA