Sabtu 13 Mar 2021 19:50 WIB

Hadits Soal Tata Krama dan Watak Nabi Muhammad

Sikap sehari-hari Nabi Muhammad harus menjadi teladan Muslim.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Hadits Soal Tata Krama dan Watak Nabi Muhammad
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Hadits Soal Tata Krama dan Watak Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai utusan Allah terakhir, tata krama Nabi Muhammad SAW tentu sangat diteladani bagi umat Muslim. Beberapa hadits riwayat yang menjelaskan bagaimana nabi bersikap sehari-hari.

Rasulullah bersabda, “Allah telah mengutus aku sebagai rasul sehingga saya dapat menunjukkan kesempurnaan karakter, kehalusan sopan santun, dan keagungan perilaku,” (HR Ahmad dan Malik)

Baca Juga

Sosok Nabi Muhammad lembut dan baik hati. Kesopanan, kasih sayang, keserdehaan, kerendahan hati, dan ketulusan selalu melekat pada diri Rasulullah. Demi menegakkan keadilan, dia bisa bersikap tegas dan bertindak keras.

Oleh karena itu, pengikut Nabi Muhammad setia dan mengabdi kepadanya. Rasulullah bersabda, “Aku seorang Nabi Allah tetapi aku tidak tahu apa yang akan menjadi akhirku,” (HR Bukhari).

Dalam salah satu khutbahnya yang bertujuan menanamkan rasa takut kepada Allah dan hari perhitungan, Rasulullah bersabda, “Wahai orang Quraisy bersiaplah untuk akhirat. Aku tidak bisa menyelamatkanmu dari hukuman Allah, Bani Abdu Manaf, aku tidak bisa menyelamatkanmu dari Allah. Wahai Abbas, putra Abdul-Mutalib, aku juga tidak bisa melindungimu. Fatimah, putri Muhammad bahkan kamu pun tidak bisa kuselamatkan,” (HR Bukhari dan Muslim).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement