Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Prima DMI Dorong Pemuda Jadi Bangunan Peradaban Islami

Sabtu 13 Mar 2021 13:01 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Prima DMI Dorong Pemuda Jadi Bangunan Peradaban Islami (ilustrasi).

Prima DMI Dorong Pemuda Jadi Bangunan Peradaban Islami (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Muara kaderisasi adalah lahirnya dan bangkitnya insan-insan kader masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang menggelar Latihan Kader Masjid (LKM) se-Banten. Ketua Umum Prima DMI, Ahmad Arafat Aminullah menyampaikan bahwa Prima DMI mendorong pemuda dan remaja masjid jadi bangunan peradaban Islam.

Arafat memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan latihan kader masjid ini. Menurutnya sangat penting upaya sebuah organisasi yakni Prima DMI untuk merumuskan dan memperkenalkan program kaderisasinya. 

"Itu sebagai upaya berorientasi luhur untuk menanamkan nilai-nilai karakter dan mendorong transformasi para pemuda dan remaja masjid dalam menemukan potensi dirinya untuk menjadi building block (bangunan) peradaban Islami, peradaban yang bermula dan berasal dari masjid," kata Arafat saat LKM se-Banten, Jumat (12/3). 

Ia mengatakan, latihan kader masjid ini adalah langkah awal dan menjadi pijakan dasar transformasi serta formasi peradaban Islami. Maka Prima DMI menghimbau para kader pengurus Prima DMI di Indonesia untuk menggulirkan dan melanjutkan agenda kaderisasi ini secara luas dan berkelanjutan.

Ia mengingatkan, para pemuda remaja masjid mestinya tidak abai dalam upaya melanjutkan aspirasi dan semangat juang yang telah digariskan serta diwariskan oleh generasi pendahulu. Yakni para orang tua, guru, para ulama dan mentor yang menjadi rujukan dalam kaderisasi. 

"Proses kaderisasi tidak hanya mekanisme latihan ataupun pembelajaran, tetapi juga upaya berkhidmat menghidupkan dan melanjutkan misi suci yang digariskan oleh para figur pendahulu kita tersebut," jelasnya.

Arafat mengatakan, muara kaderisasi adalah lahirnya dan bangkitnya insan-insan kader masjid yang peduli pada masjid dan lingkungan sekitarnya. Menjadi agen penyebar kebaikan serta mengorientasikan kehidupannya senantiasa berpusat, bersumbu dan bertumpu pada masjid.

Di forum yang sama, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin dalam pidatonya menyampaikan betapa pentingnya upaya kaderisasi dan regenerasi. 

"Kaderisasi merupakan sunnatullah, kodrat dari Allah. Tanpa (proses) kaderisasi, tanpa regenerasi, maka kita akan punah," ujarnya mengapresiasi latihan kader masjid yang digelar Prima DMI. 

Ia mengatakan, kaderisasi juga hakikatnya adalah proses pembelajaran dan pertanda kepedulian. Kaderisasi salah satu jalan untuk menemukan bakat atau potensi terbaik yang terpendam di setiap individu.

"Dengan adanya acara latihan kader masjid ini adalah sebuah upaya luar biasa yang diharapkan akan melahirkan kader-kader cikal bakal para pemimpin bangsa, para kiai yang kondang, para pengusaha yang sukses. Karena masjid adalah pusat peradaban," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA