Sabtu 13 Mar 2021 06:02 WIB

Guru Besar UNJ: PJP Jangan Abaikan Akar Budaya Bangsa

Peta jalan pendidikan tidak boleh mengabaikan hal-hal bersifat fundamental.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus Yulianto
Rektor UNJ Prof Dr Komarudin
Foto: dok unj.ac,id
Rektor UNJ Prof Dr Komarudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang juga Rektor UNJ Prof Dr. Komarudin berharap, Peta Jalan Pendidikan (PJP) 2020-2035 yang sedang disusun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak meninggalkan akar budaya dan identitas bangsa Indonesia. Komarudin menilai, idealnya PJP tetap berangkat dari nilai nilai budaya bangsa Indonesia.

"Idealnya tidak boleh mencabut akar budaya bangsa, apalagi identitas bangsa, tidak boleh, itu akan layu sebelum berkembang kalau meninggalkan identitas bangsa," ujar Komarudin saat dihubungi, Jumat (12/3).

Komarudin menyadari, jika pendidikan perlu menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi saat ini maupun yang akan terjadi di masa depan, termasuk juga persaingan global. Akan tetapi, dia menekankan, peta jalan pendidikan tidak boleh mengabaikan hal-hal bersifat fundamental dari budaya bangsa Indonesia itu sendiri.

Karena itu, mulai dari landasan filosofis, sosiologis, historis, yuridis, tuntutan atau kebutuhan harus berlandaskan budaya bangsa. "Jadi menurut saya harus ke sana, tidak mesti harus mengikuti pola yang ada di luar negeri. jadi bagaiamana pun kita akar budaya berbeda dengan mereka, tapi bahwa kita harus dipacu untuk cepat berkembang dan sebagainya itu sebuah keharusan juga, tinggal bagaiamana diimplementasikan," ujarnya.

Komarudin juga berharap, dalam pembahasan Prakonsep PJP 2020-2035, Kemendibud melibatkan berbagai stakeholder, termasuk dari unsur perguruan tinggi. Hal ini untuk memastikan PJP lebih komprehensif dan mengakomodasi tantangan-tantangan pendidikan di masa depan.

"Pada prinsipnya semua stakeholder itu harus dilibatkan agar PJP ini bisa lebih komprehensif apalagi nanti akan dituangkan dalam bentuk UU agar tidak ada kontroversi seperti frasa agama kemarin," ungkapnya.

Dia pun menyebut, hingga saat ini UNJ belum dimintai masukan terkait Prakonsep PJP, sehingga ia belum mengetahui detil mengenai draft peta jalan pendidikan tersebut. Namun, dia memastikan, UNJ siap memberi masukan agar PJP lebih komprehensif.

"Karena belum mengkaji secara utuh, maka kami harus pelajari bagian mana yang menurut kami akan diberi masukan atau diberi penguatan, akan kita pelajari, draft kami belum dapat, nanti akan kami diskusikan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement