Sabtu 13 Mar 2021 05:35 WIB

Allah Mencintai Hamba yang Mencintai Saudaranya

Nabi Muhammad SAW menyampaikan setiap Muslim adalah saudara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Allah Mencintai Hamba yang Mencintai Saudaranya
Foto: Pixabay
Allah Mencintai Hamba yang Mencintai Saudaranya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW menyampaikan setiap Muslim adalah saudara. Sehubungan dengan itu agama Islam yang disampaikan Rasulullah SAW mengajarkan untuk saling mencintai sesama saudara, baik saudara kandung maupun saudara sesama Muslim.

Dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Imam Muslim, dijelaskan Allah SWT mencintai seorang hamba yang mencintai saudaranya karena Allah SWT.

Baca Juga

حَدَّثَنِي عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَبِي رَافِعٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ رَجُلًا زَارَ أَخًا لَهُ فِي قَرْيَةٍ أُخْرَى فَأَرْصَدَ اللَّهُ لَهُ عَلَى مَدْرَجَتِهِ مَلَكًا فَلَمَّا أَتَى عَلَيْهِ قَالَ أَيْنَ تُرِيدُ قَالَ أُرِيدُ أَخًا لِي فِي هَذِهِ الْقَرْيَةِ قَالَ هَلْ لَكَ عَلَيْهِ مِنْ نِعْمَةٍ تَرُبُّهَا قَالَ لَا غَيْرَ أَنِّي أَحْبَبْتُهُ فِي اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ قَالَ فَإِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكَ بِأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَبَّكَ كَمَا أَحْبَبْتَهُ فِيهِ قَالَ الشَّيْخُ أَبُو أَحْمَدَ أَخْبَرَنِي أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ زَنْجُويَةَ الْقُشَيْرِيُّ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى بْنُ حَمَّادٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ نَحْوَهُ

Nabi Muhammad SAW bersabda: Pada suatu ketika ada seorang lelaki yang mengunjungi saudaranya di desa lain. Kemudian, Allah mengutus seorang malaikat untuk menemui orang tersebut.

 

Ketika orang itu di tengah perjalanannya ke desa yang dituju, malaikat tersebut bertanya: Hendak pergi ke mana kamu? Orang itu menjawab: Saya akan menjenguk saudara saya yang berada di desa lain.

Malaikat itu terus bertanya kepadanya: Apakah kamu mempunyai satu perkara yang menguntungkan dengannya? Laki-laki itu menjawab: Tidak, saya hanya mencintainya karena Allah Azza wa Jalla.

Akhirnya malaikat itu berkata: Sesungguhnya aku ini adalah malaikat utusan yang diutus untuk memberitahukan kepadamu bahwasanya Allah akan senantiasa mencintaimu sebagaimana kamu mencintai saudaramu karena Allah. (HR Muslim)

Dalam sabda Rasulullah SAW lainnya, beliau juga membuat sebuah perumpamaan orang-orang yang beriman di dalam saling mencintai, menyayangi dan mengasihi seperti satu tubuh. Bila ada salah satu anggota tubuh kesakitan, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sakitnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement