Jumat 12 Mar 2021 05:59 WIB

10 Keistimewaan Alquran yang tak Tertandingi Kitab Suci Lain

Alquran mempunyai sejumlah keistimewaan yang sangat khas

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Alquran mempunyai sejumlah keistimewaan yang sangat khas. Alquran (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Alquran mempunyai sejumlah keistimewaan yang sangat khas. Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran adalah mukjizat Allah SWT yang memiliki beberapa keistimewaan.

Sedikitnya ada 10 keistimewaan Alquran yang dijelaskan dalam laman AlukahKeistimewaan pertama adalah, Alquran diturunkan kepada Rasulullah SAW yang dimulai dengan surah Al-Fatihah dan ditutup dengan Surah An-Naas.

Baca Juga

Kedua, yaitu ada ganjaran pahala saat membaca Alquran baik dalam shalat atau lainnya.

من قرأ حرفًا من كتاب الله فله به حسنة، والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول: [ألم] حرف، ولكن: ألف حرف، ولام حرف، وميم حرف "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu bernilai 10 kebaikan yang sama. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim terhitung satu huruf.” (HR At-Tirmidzi)

Ketiga, sholat tidak sah kecuali membaca Alquran. Rasulullah SAW bersabda dalam haditsnya sebagai berikut: لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب  "Tidak ada sholat bagi orang yang tidak membaca pembuka Alquran (Al-Fatihah)." (HR Bukhari dan Muslim).

Keempat, Alquran terus terpelihara dan terjaga dari berbagai bentuk pengurangan, penambahan, perusakan, dan upaya mengubahnya. 

 إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (QS Al-Hijr: 9).

Kelima, Alquran terbebas dari berbagai bentuk kontradiksi. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Alquran: 

 أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِنْدِ غَيْرِ اللَّهِ لَوَجَدُوا فِيهِ اخْتِلَافًا كَثِيرًا "Maka apakah mereka tidak memperhatikan Alquran? Kalau kiranya Alquran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya." (QS An-Nisa: 82) 

Keenam, Alquran mudah dihafal. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Alquran: 

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?" (QS Al-Qamar: 40)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement