Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

Erick Thohir: Peran Masjid Penting di Masa Pandemi

Kamis 11 Mar 2021 14:16 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Friska Yolandha

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri peresmian Masjid At-Tanwir di kompleks Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat pada Kamis (11/3).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menghadiri peresmian Masjid At-Tanwir di kompleks Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat pada Kamis (11/3).

Foto: istimewa
Tak hanya imun yang diuji, masa pandemi juga menguji iman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pimpinan Pusat Muhammadiyah meresmikan Masjid At-Tanwir di kompleks Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat pada Kamis (11/3). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir yang turut hadir mengungkapkan pentingnya peran masjid di masa pandemi saat ini.

Ia mengungkapkan, masjid At-Tanwir ini punya pemikiran-pemikiran dan inovasi contohnya energi terbarukan. Mengapa masjid ini dinamai At-Tanwir, karena masjid ini akan memberikan cahaya terang. Masjid ini juga tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi tempat berkumpulnya umat untuk bertukar pikiran sehingga bisa membangun kemajuan sebuah bangsa. 

"Tentu di masa pandemi (Covid-19) ini peran masjid juga sangat penting, karena tidak hanya imun kita yang diuji, tetapi yang tidak kalah pentingnya iman kita sedang diuji hari ini," ujarnya.

Erick mengingatkan bahwa peran masjid semakin sentral. Menteri BUMN ini juga berharap pembangunan sebuah bangsa ke depan harus berdasarkan keberpihakan kepada keislaman dan keumatan yang diketahui menjadi pondasi dari kemajuan bangsa Indonesia selama ini. 

Ia melihat masjid At-Tanwir adalah masjid yang memberikan harapan dan keteduhan. Berharap masjid ini membawa sebuah filosofi yang baik untuk yang ada di sekitarnya.

"Dan saya sebagai Menteri BUMN atas nama keluarga besar berterima kasih, kehormatan buat kami bisa menjadi bagian dalam pembangunan masjid ini," ujarnya.

Erick mengatakan, masjid At-Tanwir dibangun dengan pemikiran-pemikiran yang berdasarkan keimanan di Muhammadiyah. Masjid ramah lingkungan ini juga dibangun dengan pemikiran agar bangsa Indonesia bisa maju ke depan. 

Erick mengatakan, sebagai informasi Kementerian BUMN akan terus memastikan untuk menjaga korporasi yang menjadi tulang punggung dari pembangunan negara. Kementerian BUMN juga akan memastikan menjaga korporasi sebagai pelayan publik, tanggung jawab sosial perusahaan, dan kepercayaan. Seperti hari ini Kementerian BUMN menjadi bagian pembangunan dari masjid At-Tanwir. 

"Yakinlah persaudaraan Kementerian BUMN dengan PP Muhammadiyah adalah bagian yang terpenting juga bagaimana kita mensinkronkan pembangunan untuk bangsa kita yang saat ini sedang dicoba, tetapi kalau kita lihat kita ini akan menjadi bangsa besar yang akan bangkit pasca (pandemi) Covid-19," jelasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA