Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Technical Support UBSI Dukung Kegiatan Dosen dan Karyawan 

Selasa 09 Mar 2021 18:16 WIB

Red: Irwan Kelana

Kampus Universitas BSI  Yogyakarta.

Kampus Universitas BSI Yogyakarta.

Foto: Dok UBSI
Dukungan teknis diberikan dalam bentuk email, tiket, chat, website, dan telepon

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Technical Support (TS) atau dukungan teknis merupakan layanan yang diberikan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) untuk membantu dosen dan karyawan dalam hal konfigurasi, pemakaian dan troubleshooting. Salah satunya di lingkungan Universitas BSI kampus Yogyakarta.

“Secara umum, dukungan teknis diberikan dalam bentuk email, tiket, chat, website, dan telepon. Technical Support di Universitas BSI merupakan bagian dari BTI (Biro Tekhnologi Informasi), yang dipimpin oleh kepala Biro (KaBiro),” tutur Koordinator Technical Support (TS) wilayah Universitas BSI kampus Yogyakarta, Puji Widodo melalui rilis, Rabu (3/3).

Puji mengatakan, BTI di Universitas BSI dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian SI (Sistem Informasi) dan TS (Technical Support) yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing.

“Untuk bagian SI menangani tentang Sistem Informasi (Sisfo) yang berada dalam lingkup Universitas BSI. Sedangkan bagian TS menangani tentang hal konfigurasi dan troubleshooting perangkat yang berada di dalam lingkungan Universitas BSI.

Ia menyebutkan, setidaknya ada 10 tanggung jawab dan tugas dari TS di  antaranya memastikan semua komputer dapat digunakan, memastikan semua komputer terhubung pada jaringan, memastikan semua aplikasi dapat digunakan dan  berjalan lancar, menyimpan seluruh data di  komputer yang digunakan user, dan membuat laporan teknis dengan cara dokumentasi.

“Selain itu juga tanggung jawab dan tugas dari TS yakni mampu memahami dan  menguasai dasar-dasar computer;  memahami prinsip kerja dari switch, router dan yang lainnya;  melakukan restore data jika mengalami masalah pada computer;  melakukan pengaturan pada browser;  dan memperbaiki serta menyiapkan komputer jika sewaktu-waktu ada masalah.

Ia menambahkan, seorang technical support juga dituntut untuk update ilmu dan pengetahuan agar tidak ketinggalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi saat ini  terutama di bidang yang digelutinya

“Selain belajar dari buku, juga belajar secara daring, salah satunya mengikuti workshop dan sertifikasi yang dilakukan untuk mengasah ilmu dari bidang pekerjaan serta kompeten,” pungkasnya.

Ia berharap, pada  HUT ke-33 Universitas BSI ini, Technical Support di wilayah beserta dosen, karyawan maupun elemen lain dari kampus Universitas BSI dapat  bahu-membahu untuk mewujudkan cita-cita bersama untuk kampus kebanggaan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA