Selasa 09 Mar 2021 17:04 WIB

Dosen Prodi Humas Universitas BSI Raih Hibah PDP

Mereka adalah Dr Fifit Fitriansyah, Pramelani, Devy Putri Kussanti dan Intan Leliana.

Sebanyak empat dosen Prodi Humas Universitas BSI meraih Hibah  PDP (Penelitian Dosen Pemula).
Foto: Dok UBSI
Sebanyak empat dosen Prodi Humas Universitas BSI meraih Hibah PDP (Penelitian Dosen Pemula).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi sudah menjadi kewajiban dosen dalam menjalankan profesinya. Salah satu kegiatan yang terkandung di dalamnya ialah melaksanakan penelitian, baik dalam bentuk penulisan paper yang dipublikasi di jurnal ilmiah, ataupun melalui keikutsertaan dalam program hibah penelitian yang dilakukan oleh Kemenristek-BRIN.

“Persyaratan agar lolos hibah Kemenristek-BRIN bukanlah hal yang mudah. Salah satu prasyarat administratif yang harus dipenuhi, dosen sudah memiliki jabatan fungsional akademik asisten ahli dan rumpun ilmu yang sesuai,” tutur, Kepala Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI, Ita Suryani, Rabu (3/3).

Dalam hal ini, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) salah satunya yang memperoleh hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) dengan jumlah kelompok peneliti kurang lebih 30 kelompok dan dia  ntaranya adalah dosen dari Program Studi Hubungan Masyarakat (Prodi Humas) Universitas BSI.

“Dr Fifit Fitriansyah, Pramelani, Devy Putri Kussanti dan Intan Leliana merupakan empat dosen di Prodi Humas yang memperoleh Hibah PDP ditahun 2019 dengan pendanaan tahun 2020,” ujar Ita dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Ia mengatakan, dosen juga dituntut untuk merancang proposal penelitian dengan mempertimbangkan aspek novelty (kebaharuan), metode penelitian yang kuat, permasalahan yang relevan, inovatif serta memiliki kebermanfaatan bagi disiplin ilmu yang dimiliki dosen tersebut. 

“Untuk itu, dalam mempersiapkan lebih banyak dosen yang lolos hibah bersaing dari Kemenristek-BRIN, beberapa langkah dilakukan Prodi Humas Universitas BSI untuk meningkatkan gairah penelitian di  kalangan dosen. Salah satunya dengan menyelenggarakan berbagai webinar baik dalam lingkup penelitian, pengabdian masyarakat ataupun workshop penulisan proposal penelitian,” katanya.

Meraih hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) jelas merupakan prestasi yang tidak hanya dirasakan oleh dosen bersangkutan yang memperolehnya, namun juga prodi Humas Universitas BSI sendiri.

“Ke depannya, kami berharap akan lebih banyak lagi dosen dari Prodi Humas yang memperoleh hibah penelitian. Sebab, memperoleh hibah ini tidak hanya menjadi prestasi tetapi juga menjadi gerbang terbukanya pengetahuan dan kesempatan dalam mengembangkan karir dosen,” papar Ita.

Dr Fifit sebagai salah satu peraih Hibah PDP mengatakan bahwa memperoleh hibah penelitian merupakan sebuah kesempatan bagi dosen dalam melakukan penelitian yang lebih luas, bekerja sama dalam tim, menjalin komunikasi dengan mitra penelitian, hingga berkesempatan untuk ikut serta dalam konferensi internasional sebagai luaran hibah penelitian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement