Selasa 09 Mar 2021 13:23 WIB

Jangan Lupa Doakan Orang Lain dalam Doa Anda, Ini Manfaatnya

Rasulullah SAW mengajarkan senantiasa mendoakan orang lain

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW mengajarkan senantiasa mendoakan orang lain. Ilustrasi mendoakan orang lain
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Rasulullah SAW mengajarkan senantiasa mendoakan orang lain. Ilustrasi mendoakan orang lain

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seorang Muslim hendaknya memiliki sifat yang terpuji kepada sesama dengan saling mendoakannya untuk kebaikan. Sunnah ini mungkin banyak ditinggalkan  kaum Muslimin. 

Dikutip dari laman Islamweb pada Selasa (9/3), dari Abu Darda RA, Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

“مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: “وَلَكَ بِمِثْل "Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan dia, melainkan malaikat akan berkata, 'Dan untukmu juga'." (HR Muslim).

Seorang Muslim berbeda dengan yang lain, karena dia mencintai saudara-saudanya seperti untuk dirinya sendiri. Dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik RA disebutkan:

 

عَنْ أَبِيْ حَمْزَةَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ خَادِمِ رَسُوْل الله عَنْ النَّبِي قَالَ : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, khadim (pembantu) Rasulullah SAW, dari Nabi Muhammad SAW, Beliau berkata, "Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang dia cintai untuk dirinya." (HR Muslim).

Lewat gambaran di atas, Rasulullah ﷺ telah mengabarkan kepada umatnya agar saling mendoakan kebaikan bagi sesama. Bahkan, mereka yang mendoakan muslim yang lain juga mendapat ganjaran yang indah, dengan didoakan malaikat. 

Sumber: islamweb 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement