Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Ruam Pada Kulit Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Covid-19

Senin 08 Mar 2021 23:00 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ada beberapa jenis ruam kulit yang dianggap jadi pertanda Covid-19.

Ada beberapa jenis ruam kulit yang dianggap jadi pertanda Covid-19.

Foto: Pixabay
Ada beberapa jenis ruam kulit yang dianggap jadi pertanda Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi batuk, demam, dan sesak napas, merupakan gejala umum Covid-19. Akan tetapi menurut Andrew Chan, seorang profesor imunologi dan penyakit menular di Harvard, TH Chan School of Public Health, ada gejala lain pada kulit yang juga menjadi tanda pasti seseorang mengidap COVID-19. 

Berikut ruam kulit yang menjadi tanda, seperti dilansir laman Eat This, Senin (8/3).

 

Baca Juga

Radang kulit

Chan, salah satu pendiri aplikasi COVID Symptom Study, mengklaim aplikasi tersebut telah mendeteksi lebih banyak kasus benjolan dan peradangan kulit pada jari tangan dan kaki penderita Covid-19. Kondisi itu harus dianggap sebagai tanda diagnostik utama penyakit. Faktanya, banyak orang mengalami manifestasi dermatologis yang aneh tanpa adanya gejala lain. Peneliti mencatat setidaknya terdapat tiga jenis ruam.

 

Ruam yang gatal

Kemunculan tiba-tiba akan benjolan pada kulit yang datang dan pergi cukup cepat selama berjam-jam, biasanya akan sangat gatal. Ini dapat melibatkan bagian tubuh mana pun, dan sering kali dimulai dengan rasa gatal hebat pada telapak tangan atau telapak kaki, sehingga menyebabkan pembengkakan pada bibir dan kelopak mata. Ruam ini bisa muncul sejak awal infeksi, tetapi juga bisa bertahan lama setelahnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA