Senin 08 Mar 2021 17:13 WIB

Indonesia-UEA Berkomitmen Dorong Transformasi Ekonomi

UEA harus menjadi model percontohan Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Uni Emirat Arab Amazing Week Bussiness Forum
Foto: Republika/Intan Pratiwi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam Uni Emirat Arab Amazing Week Bussiness Forum

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA) berkomitmen untuk mendorong transformasi perekonomian kedua negara menjadi ekonomi yang berbasis pengetahuan, inovasi, dan teknologi di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Luhut dalam rangka gelaran Indonesia-Emirates Amazing Week 2021 yang digelar pekan lalu, bersamaan dengan kunjungan Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazroui ke Indonesia. "Lewat gelaran Indonesia-Emirates Amazing Week 2021 ini, saya semakin merasakan spirit dan visi yang sama bahwa kedua negara sedang mempersiapkan sesuatu yang besar bagi masa depan generasi penerusnya," katanya dalam unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Senin (8/3).

Luhut mengaku teringat pernah menyampaikan kepada Presiden Jokowi agar UEA harus menjadi model percontohan Indonesia. Menurut dia, melihat kemajuan negara tersebut, ia juga mengidamkan hal yang sama.

"Karenanya saya sampaikan juga keinginan Indonesia untuk moving forward melalui pemanfaatan sustainable energy. Dengan penuh percaya diri saya katakan di depan seluruh delegasi bahwa dengan seluruh kekayaan mineral yang kami miliki, Indonesia siap masuk ke dalam rantai pasokan global kendaraan berbasis listrik dan ramah lingkungan," ungkapnya.

Luhut juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Suhail atas hadiah sarat makna dari Pangeran Mohammed bin Zayed al Nahyan berupa masjid dan Islamic Center yang akan dibangun persis miniatur dari Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi yang akan berlokasi di Kota Surakarta.

"Saya sampaikan bahwa seluruh rakyat Indonesia dan UAE patut bangga karena sama-sama punya pemimpin yang visioner, dan bersahabat seperti Presiden @jokowi dan Pangeran MBZ. Saya yakin jika banyak pemimpin seperti keduanya, maka dunia akan jadi tempat yang lebih baik bagi semua orang," tuturnya.

Luhut mengatakan komitmen kuat yang dibawa Indonesia dan UEA untuk mentransformasikan perekonomian kedua negara menjadi ekonomi yang berbasis pengetahuan, inovasi, dan teknologi akan menciptakan lompatan dan percepatan besar bagi dunia, terlebih di tengah pelemahan ekonomi akibat pandemi saat ini.

"Saya berharap kunjungan Minister Suhail dan kepemimpinan yang kuat dari kedua pemimpin negara sahabat ini bisa membawa manfaat yang besar bagi kesejahteraan kedua negara," ujarnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement