Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Dialog Allah SWT, Malaikat, dan Iblis yang Dicatat Alquran

Senin 08 Mar 2021 11:36 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Alquran mengabadikan dialog antara Allah SWT, malaikat, dan iblis. Ilustrasi Alquran

Alquran mengabadikan dialog antara Allah SWT, malaikat, dan iblis. Ilustrasi Alquran

Foto: republika
Alquran mengabadikan dialog antara Allah SWT, malaikat, dan iblis

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Alquran memang menjadi kitab yang mengandung hikmah yang dapat dipetik umat manusia.

Salah satunya dengan adanya kisah-kisah mengandung hikmah yang disampaikan Allah SWT berupa dialog dengan malaikat dan iblis yang pernah terjadi. 

Baca Juga

Dalam buku Mengenal Alquran karya Ustadz Ahmad Sarwat dijelaskan, malaikat dan iblis pernah berdialog dengan Allah SWT. Para malaikat pernah disuruh untuk bersujud kepada Nabi Adam saat baru saja diciptakan. 

Namun demikian, berbeda dari malaikat, iblis menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam AS. Hal ini diabadikan Allah dalam Alquran surah Al-A'raf ayat 11-15:

وَلَقَدْ خَلَقْنَٰكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَٰكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَٰٓئِكَةِ ٱسْجُدُوا۟ لِءَادَمَ فَسَجَدُوٓا۟ إِلَّآ إِبْلِيسَ لَمْ يَكُن مِّنَ ٱلسَّٰجِدِينَ "Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud."  

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ ۖ قَالَ أَنَا۠ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِى مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُۥ مِن طِينٍ  "(Allah) berfirman: 'Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?' Menjawab iblis: Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah." 

قَالَ فَٱهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَن تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَٱخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ ٱلصَّٰغِرِينَ "(Allah) berfirman: turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina." 

قَالَ أَنظِرْنِىٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ "(Iblis) menjawab: 'beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan'."  

قَالَ إِنَّكَ مِنَ ٱلْمُنظَرِينَ "(Allah) berfirman: 'Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh'." 

Dijelaskan bahwa dialog segitiga antara Allah SWT dengan para malaikat dan iblis ini pada intinya terdapat juga perkataan Allah SWT. Namun demikian, perintah yang disampaikan kepada iblis dan malaikat ini bukanlah wahyu risalah dan juga bukan termasuk Alquran yang secara spesifik diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA