Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Gubernur dan Wagub Sumbar Ikuti Vaksinasi

Senin 08 Mar 2021 10:40 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi dan wakilnya Audy Joinaldy, hari ini, Senin (8/3) mengikuti penyuntikan vaksin di Rumah Dinas Gubernur Sumbar.

Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi dan wakilnya Audy Joinaldy, hari ini, Senin (8/3) mengikuti penyuntikan vaksin di Rumah Dinas Gubernur Sumbar.

Foto: Humas Pemprof Sumbar
Dinkes Sumbar menargetkan pada tahap kedua ini ada 400 ribu orang menerima vaksin.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi dan wakilnya Audy Joinaldy, hari ini, Senin (8/3) mengikuti penyuntikan vaksin di Rumah Dinas Gubernur Sumbar. Keduanya disuntik bersamaan dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Tadi setelah diperiksa oleh teman-teman di dinas kesehatan. Alhamdulillah saya bisa divaksin," kata Mahyeldi.

Mahyeldi disuntik vaksin setelah kurang lebih 10 hari dilantik sebagai gubernur. Pada vaksinasi tahap pertama lalu, ia sebenarnya sudah masuk ke dalam daftar penerima vaksin bersama Forkopimda Kota Padang. 

Saat itu, Mahyeldi masih menjabat sebagai wali kota Padang. Tapi di tahap pertama itu, Mahyeldi batal divaksin lantaran ada kendala kesehatan.

Sekarang setelah dilakukan pengecekan kesehatan oleh Dinkes, Mahyeldi dianggap sudah tidak ada halangan untuk mendapatkan vaksin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar Arry Yuswandi mengatakan, untuk tahap pertama jumlah warga atau tenaga kesehatan yang sudah disuntik vaksin sebanyak 34.524 orang. Angka ini melebihi target awal yang hanya 32.391 orang. Untuk tahap pertama tersebut Sumbar mencatatkan vaksinasi 106 persen.

Untuk tahap kedua ini, jumlah warga Sumbar yang sudah divaksin sebanyak 5.229 orang yang terdiri dari ASN, TNI, Polri dan petugas pelayanan publik. Sementara itu juga sudah ada 1.026 orang lansia yang juga sudah divaksin.

Dinkes Sumbar menargetkan pada tahap kedua ini ada 400 ribu orang menerima suntik vaksin. Tapi, untuk memenuhi target ini harus menyesuaikan dengan jumlah dosis vaksin yang ada.

Untuk vaksinasi tahap kedua ini Dinkes Sumbar mengantongi 9.970 vial vaksin di mana satu vial dapat dipakai untuk 8-9 kali penyuntikkan. "Informasi dari Menkes, minggu depan akan ada pengiriman vaksin lagi untuk Sumbar secara bertahap," ucap Arry.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA