Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran

Selasa 09 Mar 2021 05:15 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran. Rumah batu kaum tsamud

Kebenaran Informasi Sejarah Terdahulu dalam Alquran. Rumah batu kaum tsamud

Foto: Youtube
Sejumlah kisah-kisah sejarah dalam Alquran telah banyak terbukti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengisahkan sekian banyak peristiwa masa lampau. Meski belum seluruh kisah dan kabar sejarah terdahulu dapat dibuktikan kebenarannya, sebagian para ilmuwan dan arkeolog telah membuktikan kebenarannya melalui penelitian.

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Mukjizat Alquran menjelaskan, kendati terdapat sekian banyak kisah yang belum terbukti, tidaklah wajar menolak kisah-kisah lain tersebut hanya dengan alasan kisah itu belum terbukti. Karena, apa yang belum terbukti kebenarannya, juga belum terbukti kekeliruannya.

Tak jarang terdapat golongan orang yang menolak informasi sejarah atau kisah-kisah masa lampau dalam Alquran. Seperti kisah dihancurkannya suatu negeri oleh Allah dengan gempa atau angin ribut karena penduduknya durhaka kepada Nabi yang diutus pada masanya.

Baca Juga

Padahal, kata Prof Quraish, mereka tidak menyadari walaupun kota tersebut belum ditemukan, tidak jarang penelitian arkeologi membuktikan pada masa yang disebut oleh kisah Alquran itu memang telah terjadi gempa atau angin ribut. Maka, cara pengingkaran semacam ini dinilai tidak tepat.

Sejumlah kisah-kisah sejarah dalam Alquran telah banyak terbukti. Seperti kisah kaum Ad dan Tsamud serta kehancuran Kota Iram.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA