Sabtu 06 Mar 2021 23:59 WIB

Khofifah Titip Penyelesaian Banjir Kali Lamong ke Gus Yani

Khofifah Indar Parawansa menitipkan pesan penyelesaian banjir Kali Lamong ke Bupati

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK -- Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menitipkan pesan penyelesaian banjir Kali Lamong kepada Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani saat serah terima jabatan (sertijab) kepala daerah setempat yang digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Gresik, Sabtu (6/3).

"Tentu sangat banyak penjabarannya. Namun yang saya garisbawahi yang utama adalah terkait UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) dan Kali Lamong," kata Khofifah saat memimpin Sidang Paripurna tersebut.

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan pemimpin baru perlu melakukan lompatan-lompatan inovasi, khususnya program pengentasan kemiskinan dan pengangguran, sebab tingkat kemiskinan dan pengangguran Kabupaten Gresik lebih tinggi daripada rata-rata provinsi. Khofifah juga mendorong pergerakan UMKM di Gresik secara cepat, sebab Gresik menjadi salah satu penyumbang terbanyak, sehingga harus dikembangkan dan diprioritaskan.

Apalagi, diprediksi tahun 2030 pasar di dunia 80 persen di antaranya adalah UMKM, sehingga harus dipersiapkan secara matang."Digitalisasi sistem akan kami prioritaskan untuk mencari pasar bagi UMKM. Salah satunya dengan Virtual Bussiness Meeting yang terhubung hingga ke berbagai negara," katanya.

Menanggapi hal itu, Bupati Gresik, Gus Yani membenarkan arahan dari Gubernur Jatim tersebut, dan memang diakui ada beberapa atensi yang menjadi catatannya, seperti penanganan banjir tahunan Kali Lamong. Selain itu, pria 35 tahun ini juga mendorong ketersediaan air bersih melalui PDAM, infrastruktur yang masih kurang baik, angka kemiskinan dan pengangguran yang cukup tinggi, ditambah pemangkasan birokrasi.

Untuk realisasinya, Yani mengaku sudah menyiapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)."Mari bersama membawa perubahan untuk Gresik yang lebih baik. Gresik Baru Kota Untuk Semua," katanya.

Sementara itu acara serah terima dilakukan dari Plh Bupati Gresik Abimanyu Pontjoatmojo Iswinarno kepada Bupati dan Wakil Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah (Gus Yani - Bu Min)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement