Ahad 07 Mar 2021 04:45 WIB

Lima Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab

Rajab adalah bulan mulia.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Lima Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab
Foto: Republika
Lima Peristiwa Bersejarah di Bulan Rajab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rajab adalah salah satu bulan yang dianggap mulia dalam kalender Islam. Ini adalah bulan damai di mana pertempuran dilarang. Bulan ini juga adalah bulan yang mendahului Sya'ban dan Ramadhan.

Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 36 yang artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Baca Juga

Ketika datang bulan Rajab, Nabi Muhammad saw juga biasa berdoa:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Bacaan latin: Allahumma barik lana fi rajaba wasya‘bana waballighna ramadlana

Artinya: "Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan."

Kemuliaan bulan Rajab juga terjadi karena banyaknya peristiwa bersejarah di bulan ini. Dilansir dari About Islam, berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam selama bulan suci Rajab.

photo
Infografis Delapan Nama Lain Bulan Rajab - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement