Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

WhatsApp Bakal Perluas Fitur Video Call di Dekstop

Sabtu 06 Mar 2021 20:27 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.

Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Saat ini video call di WhatsApp dekstop belum bisa untuk panggilan grup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp telah menambahkan kemampuan untuk melakukan panggilan suara dan video melalui aplikasi desktop untuk Windows dan macOS. Fungsi baru yang diumumkan di blog WhatsApp, memberi pengguna gambaran tentang pengalaman yang mereka nikmati di aplikasi seluler.

Namun, untuk saat ini, pengguna desktop WhatsApp hanya dapat melakukan suara dan video one-on-one alias individu (bukan untuk grup). Seperti pada desktop, panggilan akan dienkripsi end-to-end.

Dilansir dari Trusted Reviews, Jumat (5/3), WhatsApp mengatakan fungsionalitas panggilan video akan sangat berguna berkat window yang dapat diubah ukurannya yang akan tetap berada di atas jendela browser pengguna.

Dalam kiriman blog tersebut, perusahaan menulis: “Menjawab di layar yang lebih besar memudahkan untuk bekerja dengan rekan kerja, melihat keluarga Anda dengan lebih jelas di kanvas yang lebih besar, atau membebaskan tangan pengguna untuk bergerak di sekitar ruangan sambil berbicara”.

“Untuk membuat panggilan desktop lebih berguna, kami memastikannya berfungsi dengan lancar untuk orientasi potret dan lanskap, muncul di window mandiri yang dapat diubah ukurannya di layar komputer Anda, dan disetel untuk selalu di atas sehingga Anda tidak pernah kehilangan obrolan video Anda di tab browser atau tumpukan jendela yang terbuka,” kata WhatsApp.

Namun, ketidakmampuan untuk melakukan video call atau panggilan suara dengan lebih dari satu peserta lain berarti orang-orang harus kembali ke perangkat seluler mereka atau menggunakan platform yang ramah desktop seperti Zoom atau Google Meet untuk panggilan konferensi. WhatsApp memang mengatakan rencananya untuk berkembang di masa depan, setelah panggilan tatap muka diselesaikan.

“Kami memulai dengan panggilan one-to-one di aplikasi desktop WhatsApp, jadi kami memastikan bahwa kami dapat memberi Anda pengalaman yang andal dan berkualitas tinggi. Kami akan memperluas fitur ini untuk menyertakan panggilan suara dan video grup di masa mendatang,” perusahaan menambahkan. Fitur tersebut sekarang tersedia di Mac dan PC Windows.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA