Sabtu 06 Mar 2021 16:11 WIB

Pakar Singgung Tingginya Tingkat Vaksinasi Covid-19 di India

India berhasil vaksinasi satu juta penduduknya dalam satu hari.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin COVID-19 kepada petugas kota di rumah sakit swasta di New Delhi, India, Sabtu, 13 Februari 2021.
Foto: AP / Altaf Qadri
Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin COVID-19 kepada petugas kota di rumah sakit swasta di New Delhi, India, Sabtu, 13 Februari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Guru Besar FKUI, Tjandra Yoga Aditama, menyinggung betapa luar biasanya pemerintah India dalam menggelontorkan program vaksinasi Covid-19. Baru-baru ini, India berhasil melakukan vaksinasi ke satu juta orang sehari.

Prof Tjandra memantau pada Kamis 4 Maret 2021, India mencatat rekor berhasil memvaksinasi Covid-19 lebih dari satu juta orang dalam satu hari.  "Ini suatu prestasi yang mengagumkan yang menunjukkan manajemen program vaksinasi raksasa," kata Prof Tjandra dalam keterangannya pada wartawan, Sabtu (6/3).

Baca Juga

Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara yang berkantor di India pada 2015-2021 itu menyebut secara total India sudah memvaksinasi 17,7 juta orang sejak mereka memulai vaksinasi Covid-19 pada 16 Januari. India memulai vaksinasi tiga hari sesudah Indonesia mulai divaksin.

"Tentu 17 juta suatu jumlah yang amat besar untuk waktu sekitar 1,5 bulan pertama pelaksanaan vaksinasi," ujar Prof Tjandra.

 

Prof Tjandra menyinggung tingginya rencana vaksinasi India kemungkinan besar sejalan dengan kemampuannya. "India mentargetkan memvaksinasi 300 juta orang sampai Agustus 2021, dan karena sudah mencapai satu juta orang di vaksin setiap hari maka mereka optimis target itu akan tercapai," sebut Prof Tjandra.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menargetkan satu juta orang divaksinasi setiap hari sehingga target vaksinasi 40 juta orang dari Januari sampai Juni 2021 bisa terpenuhi.

Hingga Kamis (4/3), vaksinasi telah diberikan kepada lebih dari dua juta orang. Selain itu, sebanyak 12 juta dosis vaksin telah didistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten kota. Target vaksinasi pada periode Januari hingga Juni pun mencapai 40 juta orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement