Sabtu 06 Mar 2021 10:31 WIB

Ini Harga Plasma Konvalesen

Harga plasma per kantongnya dipatok senilai Rp 2 juta.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Esthi Maharani
Penyintas Covid-19 melakukan donor plasma konvalesen
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Penyintas Covid-19 melakukan donor plasma konvalesen

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI — Terapi plasma darah atau konvalesen menjadi salah satu obat mujarab untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang sampai berat. Terapi ini berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas yang sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya.

Manajer Mutu Laboratorium PMI Kota Bekasi, dr Abas Suherli, mengatakan, metode ini banyak sekali digunakan oleh dokter yang menangani kasus Covid-19.

“Banyak sekali sekarang (yang pakai terapi ini). Karena plasma konvalesen itu bukan salah satu obat yang manjur banget gitu ya, tetapi suatu terapi pengobatan yang cukup baik,” ujar dia, kepada wartawan, Sabtu (6/3).

Adapun, di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi, fasilitas untuk donor plasma sudah tersedia. Harga plasma per kantongnya dipatok senilai Rp 2 juta. “Kita semua mengacu pada PMI Pusat (untuk harga) yakni Rp 2 juta per orang,” kata Abas.

 

Biaya itu, lanjut dia, diperuntukkan sebagai biaya pengganti pengolahan, kantong darah serta pengecekan faktor risiko serta pemeriksaan antibodi.

“Jadi memang biaya itu dibutuhkan untuk pengelolaannya tadi, bukan untuk mencari keuntungan, bukan untuk diperjualbelikan,” terangnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement