Sabtu 06 Mar 2021 09:14 WIB

BTS, Musisi Pertama Asia Raih Penghargaan IFPI

BTS menerima Global Recording Artist of The Year IFPI 2020

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Esthi Maharani
 Anggota boy band Korea Selatan
Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL
Anggota boy band Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BTS menerima Global Recording Artist of The Year IFPI 2020. Penghargaan tahunan ini mengakui popularitas BTS di kancah dunia melalui streaming dan penjualan lagu, termasuk vinil, unduhan, dan CD.

BTS memecahkan rekor sebagai artis Korea Selatan dan Asia pertama yang merebut gelar tersebut. Dengan penghargaan IFPI, yang diumumkan Kamis (4/3), boyband ini menetapkan tolok ukur lain dengan menjadi juara pertama yang tampil dalam bahasa selain bahasa Inggris.

Hingga saat ini, semua penerima penghargaan itu berasal dari Amerika Serikat (Taylor Swift pada 2014 dan 2019, Drake pada 2016 dan 2018) atau Inggris (One Direction pada 2013, Adele pada 2015, Ed Sheeran pada 2017).

BTS hampir memenangkan penghargaan tertinggi badan perdagangan musik pada 2018, ketika mereka finis di peringkat kedua, lalu lagi pada 2019, berada di peringkat ketujuh.

Meskipun pandemi, boyband ini berhasil menerobos rekor-rekor tak terduga. Pada April 2020, grup ini menduduki peringkat pertama di Billboard 200 dengan ‘Map of the Soul: 7’ dan peringkat keempat mereka dalam waktu kurang dari dua tahun.

Menurut IFPI, ‘Map of the Soul: 7’ adalah salah satu album yang paling banyak dipesan sepanjang sejarah musik dunia, dan album tersebut menguasai tangga lagu di lebih dari 20 negara.

Itu hanyalah awal dari tahun monster BTS. ‘Map of the Soul: 7’ melampaui 500 ribu eksemplar dalam dua hari sejak dirilis pada Juli 2020. Kemudian, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook menjadi artis Korea pertama yang mencetak rekor pemimpin Billboard Hot 100 saat "Dynamite" mencapai puncak.

Lagu itu juga memecahkan rekor untuk streaming hari pembukaan di YouTube dan Spotify. "Dynamite" mendapatkan nominasi Grammy bersejarah, untuk penampilan duo / grup pop terbaik. Sebelum 2020 berakhir, ‘Be’ merajai chart dunia, dan memberi grup itu peringkat pertama untuk kelima kalinya di Billboard 200.

“BTS adalah fenomena global,” komentar CEO IFPI Frances Moore. “Mereka memiliki tahun yang luar biasa, merilis tiga album, dan terus menemukan cara yang kreatif dan menarik untuk berbagi cerita mereka dengan dunia. Mereka benar-benar menunjukkan kekuatan yang dimiliki musik, untuk membawa kegembiraan dan kebahagiaan bagi orang-orang di seluruh dunia,”

10 Global Recording Artist of The Year IFPI 2020

1. BTS

2. Taylor Swift

3. Drake

4. The Weeknd

5. Billie Eilish

6. Eminem

7. Post Malone

8. Ariana Grande

9. Juice Wrld

10. Justin Bieber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement