Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

Friday, 4 Ramadhan 1442 / 16 April 2021

10 Kewajiban Umat Islam Era Kemunduran Saat Ini (2-Habis)  

Jumat 05 Mar 2021 23:17 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Kemunduran yang dialami umat Islam saat ini perlu topangan doa dan ikhtiar. Ilustrasi umat Islam

Kemunduran yang dialami umat Islam saat ini perlu topangan doa dan ikhtiar. Ilustrasi umat Islam

Foto: Antara/Adiwinata Solihin
Kemunduran yang dialami umat Islam saat ini perlu topangan doa dan ikhtiar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Peradaban Islam memang pernah mencapai puncak kejayaan dan keemasannya. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, umat Islam tertinggal jauh dari peradaban di dunia Barat. Karena itu, kam Muslimin harus melakukan beberapa hal untuk mengembalikan kejayaan Islam.

Dalam artikelnya di laman saaid, Radwan bin Ahmad Al-Awadi menjelaskan bahwa setidaknya ada 10 kewajiban yang perlu dilakukan umat Islam di era kemunduran saat ini, yaitu:   

Keenam, harus saling menasihati sesama Muslim. Tugas ini adalah salah satu tugas terpenting yang harus dilakukan setiap Muslim. Nasihat adalah salah satu ajaran agama yang paling penting dan tidak boleh diabaikan. 

Baca Juga

Dengan saling menasihati, umat Islam akan bangkit dari kemunduran. Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Muslim disebutkan: 

الدين النصيحة قلنا: لمن يا رسول الله؟ قال: لله ولكتابه ولرسوله ولأئمة المسلمين وعامتهم “Agama adalah nasihat. Para sahabat bertanya, untuk siapa? Beliau menjawab: “untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, pemimpin umat Islam, dan sesame umat Islam.” (HR. Muslim dari Tamim ad-Dariy).

Baca juga: 10 Kewajiban Umat Islam Era Kemunduran Saat Ini (1) 

Ketujuh, tidak menyebarkan rumor atau hoaks. Allah sangat melarang umat Islam untuk menyebarkan rumor atau hoaks, apalagi melibatkan saudaranya yang sesama muslim. Orang-orang yang menyebarkan rumor tersebut akan dilaknat Allah SWT, karena sikapnya yang selalu bermusuhan dan merugikan agama dan negara. Allah SWT berfirman: 

 لَئِنْ لَمْ يَنْتَهِ الْمُنَافِقُونَ وَالَّذِينَ فِي قُلُوبِهِمْ مَرَضٌ وَالْمُرْجِفُونَ فِي الْمَدِينَةِ لَنُغْرِيَنَّكَ بِهِمْ ثُمَّ لَا يُجَاوِرُونَكَ فِيهَا إِلَّا قَلِيلًا  سُنَّةَ اللَّهِ فِي الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلُ ۖ وَلَنْ تَجِدَ لِسُنَّةِ اللَّهِ تَبْدِيلًا

 “Sungguh, jika orang-orang munafik, orang-orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah tidak berhenti (dari menyakitimu), niscaya Kami perintahkan engkau (untuk memerangi) mereka, kemudian mereka tidak lagi menjadi tetanggamu (di Madinah) kecuali sebentar, dalam keadaan terlaknat. Di mana saja mereka dijumpai, mereka akan ditangkap dan dibunuh tanpa ampun.” (QS Surat Al-Ahzab: 60-61). 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA