Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Makna Kata 'Amin' Saat Sholat dan Usai Berdoa

Sabtu 06 Mar 2021 05:05 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Makna Kata Amin Saat Sholat dan Usai Berdoa.

Makna Kata Amin Saat Sholat dan Usai Berdoa.

Foto: Pixabay
Bacaan 'amin' tidak terikat dengan kaidah bacaan ketika membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kata 'amin' diucapkan setelah berdoa dan ketika shalat diucapkan setelah surat Al-Fatihah. Lalu, bagaimana dengan asal-usul kata amin?

Ada yang menyatakan amin bukan berasal dari bahasa Arab melainkan serapan dari bahasa lain. Ada pula yang menyatakan berasal dari bahasa Arab.

Dalam buku Kosakata Keagamaan oleh M. Quraish Shihab dijelaskan, salah satu rumus yang digunakan untuk menentukan satu kata berasal dari bahasa Arab atau tidak adalah mengetahui kata itu dapat dibentuk dengan aneka bentuk, antara lain apakah kata itu memiliki kata kerja atau tidak.

Baca Juga

Kata “amin” tidak dikenal kata kerjanya, bahkan dalam Alquran tidak ditemukan. Walaupun ada kata yang pengucapannya hampir sama dengan “amin”.

Seperti yang tercantum dalam surat Yusuf ayat 54:

وَقَالَ الْمَلِكُ ائْتُوْنِيْ بِهٖٓ اَسْتَخْلِصْهُ لِنَفْسِيْۚ فَلَمَّا كَلَّمَهٗ قَالَ اِنَّكَ الْيَوْمَ لَدَيْنَا مَكِيْنٌ اَمِيْنٌ

Wa qālal-maliku`tụnī bihī astakhliṣ-hu linafsī, fa lammā kallamahụ qāla innakal-yauma ladainā makīnun amīn.

Makna kata amin yang ada di atas berbeda dengan makna kata “amin” yang diucapkan setelah doa. Terdapat banyaknya hadits yang dinisbahkan kepada Rasulullah SAW yang menganjurkan untuk mengucapkan “amin” setelah memanjatkan dan atau mendengar doa dari orang lain.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA