Jumat 05 Mar 2021 10:14 WIB

Kemenperin Kembali Gelar Indonesia Good Design Selection

Kompetisi IGDS 2021 mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Peserta merapihkan tampilan produk miliknya pada Pameran Karya kreatif Indonesia. ilustrasi
Foto: ANTARA/Feny Selly
Peserta merapihkan tampilan produk miliknya pada Pameran Karya kreatif Indonesia. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS) pada tahun ini. Dengan begitu, ajang tersebut sudah 18 kali digelar. 

IGDS merupakan penghargaan tertinggi bagi desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan perusahaan industi Indonesia. “IGDS telah melalui perjalanan panjang dalam menghadirkan kekayaan desain produk industri Indonesia. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada 2001 hingga terakhir pada 2020 yang pada 10 Desember 2020 dianugerahkan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (4/3).

Baca Juga

Pada Peluncuran IGDS 2021, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, desain produk memberikan nilai tambah signifikan pada produk itu sendiri. Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri sangat besar.

“Nilai tersebut tercatat mencapai 45,38 miliar dolar AS pada 2019 dan diproyeksi akan mencapai 65,41 miliar dolar AS pada akhir tahun 2026. Dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3 persen selama tahun 2021 sampai 2026,” ungkapnya. 

 

Fakta tersebut menunjukkan besarnya peluang di sektor desain industri yang dapat terus dimaksimalkan. Maka dibutuhkan kolaborasi tepat di antara pemerintah, desainer, pelaku bisnis, dan industri.

Kali ini, Ditjen IKMA Kemenperin menggandeng enam asosiasi desain Indonesia. Meliputi Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Federasi Pengemasan Indonesia (IPF). Upaya kerja sama itu guna memberikan nilai tambah peningkatan daya saing produk industri nasional. 

Kompetisi IGDS 2021 mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter yang diharapkan mampu mencerminkan karakter positif berbagai jenis Industri di Indonesia. IGDS 2021 diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan kualitas dan manfaat produk bagi masyarakat serta mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang diterima oleh pasar domestik juga global sebagai solusi berkelanjutan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement