Jumat 05 Mar 2021 07:45 WIB

Miliarder Lemann Mundur dari Kraft Heinz

Pada 2015, Lemann bekerja sama dengan Buffett menciptakan Kraft Heinz melalui merger.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Logo Kraft Heinz
Foto: kraftheinzcompany.com
Logo Kraft Heinz

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Miliarder Jorge Paulo Lemann meninggalkan dewan direksi Kraft Heinz Co. Lemann sebelumnya bersama Warren Buffet membantu membesarkan perusahaan tersebut saat kehilangan setengah dari nilainya.

“Perusahaan berterima kasih kepada Jorge Paulo Lemann atas semua kontribusinya yang tak ternilai kepada Kraft Heinz, yang akan berdampak abadi untuk tahun-tahun mendatang,” kata Wakil Presiden Senior Kraft Heinz, Michael Mullen dikutip dari Bloomberg, Kamis (4/3).

Baca Juga

Lemann memutuskan untuk mundur dan tidak akan mencalonkan diri kembali. Kraft Heinz secara resmi memberikan pernyataan, keputusan tersebut bukan merupakan hasil dari perselisihan dengan manajemen atau dewan direksi. Dipastikan, perusahaan akan segera menunjuk pengganti Lemann.

Sebagai salah satu pendiri perusahaan ekuitas swasta 3G Capital Partners, Lemann telah mengatur beberapa kesepakatan konsumen terbesar dalam sejarah. Dia memiliki minat pada Anheuser-Busch InBev NV, pembuat bir terbesar di dunia, dan Restaurant Brands International, perusahaan di balik Burger King, dan kekayaannya hingga 22 miliar dolar AS.

Pada 2015, Lemann bekerja sama dengan Buffett dan menciptakan Kraft Heinz melalui merger. Saat itu, saham perusahaan turun lebih dari 50 persen dan perusahaan juga terpukul dengan penurunan nilai 15 miliar dolar AS pada 2019 yang memicu perubahan dalam strategi dan kepemimpinan.

Baru-baru ini, Kraft Heinz melakukan sejumlah terobosan baru karena semenjak pandemi Covid-19 banyak masyarakat mengisi dapurnya dengan makanan kemasan. Dengan upaya tersebut, sahamnya naik lebih dari 50 persen sejak Maret 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement