Kamis 04 Mar 2021 23:11 WIB

Ketika Perilaku Baik Kepada Wanita Jadi Takaran Iman

Islam sangat menghormati wanita dan menjunjung martabatnya

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Islam sangat menghormati wanita dan menjunjung martabatnya. Ilustrasi wanita
Foto: EPA/Mast Irham
Islam sangat menghormati wanita dan menjunjung martabatnya. Ilustrasi wanita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Perlakuan masyarakat kepada wanita sebelum kedatangan Islam tercatat oleh sejarah penuh kekerasan dan penghinaan.  

Wanita saat itu diperlakukan sebagai objek daripada manusia.  Dalam beberapa budaya, mereka dikubur hidup-hidup, diwariskan hingga dibakar untuk bergabung dengan suami yang meninggal untuk kehidupan selanjutnya.

Baca Juga

Dilansir dari About Islam, kedatangan agama Islam secara radikal mengubah situasi yang menyedihkan ini. Ajaran yang disebarkan Nabi Muhammad SAW  secara tegas mengakui kemanusiaan perempuan dan menekankan hak-hak mereka.

Ajaran Islam yang menegaskan martabat dan status tinggi perempuan yang dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berbagai haditsnya. 

 

Bagaimana ajaran Islam terkait interaksi dengan wanita? Berikut beberapa pedoman Islam yang diambil dari hadist Nabi yang menunjukkan penghormatan Islam kepada perempuan.

1. Perlakuan yang baik

Islam mengajarkan untuk menghormati wanita dengan memperlakukan mereka dengan baik. Nabi Muhammad saw bersabda yang artinya:

Abu Hurairah RA meriwayatkan bahwa Rasulullah (saw) bersabda saat haji perpisahan (wada): 

 اوصيكم بالنساء خيرا "Aku memerintahkanmu untuk memperlakukan wanita dengan baik."  (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Ada juga hadist yang menyebut seorang laki-laki yang memiliki karakter terbaik adalah yang selalu bersikap baik kepada wanita. Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement