Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

3 Musuh yang Bisa Jadi Penyebab Lemahnya Iman

Kamis 04 Mar 2021 19:37 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 3 musuh yang bisa memicu iman sesorang menjadi lemah. Keimanan/Ilustrasi

Terdapat 3 musuh yang bisa memicu iman sesorang menjadi lemah. Keimanan/Ilustrasi

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Terdapat 3 musuh yang bisa memicu iman sesorang menjadi lemah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setiap orang ingin keimanannya terus bertambah dan memuncak. Dan sebaliknya, seorang hamba tidak ingin keimanannya berkurang. 

Untuk itu setiap hamba harus dapat menyadari penyebab dari lemahnya iman. Allah SWT berfirman:  

وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ يَحُولُ بَيْنَ الْمَرْءِ وَقَلْبِهِ وَأَنَّهُ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ “Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah mendinding antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-Nya-lah kalian akan dihimpunkan.” (QS Al-Anfal: 24).

Baca Juga

Gemetarlah hati seorang hamba yang beriman tatkala mengingat ayat ini, dia menyadari kegembiraannya di siang dan malam hari dapat mencegahnya dari tujuan yang sebenarnya. Keimanan seorang hamba bisa saja pudar.

Dikutip dari laman Islamweb pada Kamis (4/3), terdapat tiga musuh yang menjadi penyebab lemahnya iman, berikut rinciannya: 

Pertama, setan dan bisikannya. Dalam Alquran disebutkan:

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ. ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ 

Iblis menjawab, "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)." (QS Al-Araf: 16-17). 

Dari sini iblis telah mengumumkan pertempuran panjangnya dengan umat manusia. Kemudian juga disebutkan:  

وَاسۡتَفۡزِزۡ مَنِ اسۡتَطَعۡتَ مِنۡهُمۡ بِصَوۡتِكَ وَاَجۡلِبۡ عَلَيۡهِمۡ بِخَيۡلِكَ وَرَجِلِكَ وَشَارِكۡهُمۡ فِى الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَوۡلَادِ وَعِدۡهُمۡ‌ ؕ وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيۡطٰنُ اِلَّا غُرُوۡرًا 

“Dan perdayakanlah siapa saja di antara mereka yang engkau (Iblis) sanggup dengan suaramu (yang memukau), kerahkanlah pasukanmu terhadap mereka, yang berkuda dan yang berjalan kaki, dan bersekutulah dengan mereka pada harta dan anak-anak lalu beri janjilah kepada mereka. Padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka.” (QS Al Isra: 64).

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA