Kamis 04 Mar 2021 12:28 WIB

Covax akan Kirim 1,7 Juta Dosis Vaksin ke Korut

Vaksin yang bakal diberikan kepada Korut adalah Oxford-AstraZeneca.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Seorang perawat bersiap untuk memberikan dosis vaksin AstraZeneca COVID-19.
Foto: Jung Yeon-je /Pool via AP
Seorang perawat bersiap untuk memberikan dosis vaksin AstraZeneca COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JENEWA -- Fasilitas Covax berencana mengirim 1,7 juta dosis vaksin Covid-19 ke Korea Utara (Korut). Hal itu diharapkan dapat terealisasi pada Mei mendatang guna mendukung program vaksinasi di negara tersebut.

Seperti dilaporkan laman KBS World pada Rabu (3/3), vaksin yang bakal diberikan kepada Korut adalah Oxford-AstraZeneca buatan Serum Institute of India. Dengan metode pemberian dua dosis setiap orang, vaksin sumbangan itu dapat digunakan untuk memvaksinasi 852 ribu warga Korut.

Baca Juga

Pada Mei nanti, Covax juga berencana mengirim 2,1 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca ke Korea Selatan (Korsel). Selain itu, Korsel pun bakal menerima 117 ribu vaksin Pfizer-BioNTech. Saat ini Korsel sudah memulai program vaksinasi Covid-19.

Covax adalah program pimpinan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertujuan menyediakan akses vaksin bagi negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Covax mengatakan pihaknya akan mengirimkan sekitar 237 juta dosis vaksin Oxford-AstraZeneca dan 1,2 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech ke 142 negara.

Baca juga : Bahaya dari Balik Postingan Saya Sudah Divaksin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement