Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Liverpool vs Chelsea, Siapa Paling Unggul?

Kamis 04 Mar 2021 10:00 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Infografis Liverpool Vs Chelsea

Infografis Liverpool Vs Chelsea

Foto: Infografis Republika
Kedua pelatih gandrung dengan gaya sepak bola menyerang.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Sejumlah laga pada pekan ke-29 Liga Primer Inggris akan digelar pada pertengahan pekan ini.

Salah satu partai yang paling menyita perhatian adalah duel antara sesama anggota the Big Six. Liverpool akan menerima lawatan Chelsea di Stadion Anfield, Jumat (5/3) dini hari WIB.

Salah satu sorotan utama di laga ini akan tertuju pada Jurgen Klopp di bangku cadangan Liverpool dan Thomas Tuchel di kubu Chelsea. Dua pelatih itu dinilai mewakili kemunculan generasi baru pelatih-pelatih jempolan asal Jerman. Keduanya pun meniti jalur karier kepelatihan yang identik.

keduanya memiliki gaya dan pendekatan yang sama. Kedua pelatih itu gandrung dengan gaya sepak bola menyerang, yang fokus pada aliran bola dan mengandalkan pressing ketat.

Kendati begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan. Sementara Tuchel dinilai lebih perhatian kepada hal-hal detail dan variasi taktik, Klopp dianggap lebih piawai dalam memotivasi pemain dan membangun kedekatan personal dengan para pemainnya. Akhirnya, keduanya akan saling berhadapan di salah satu liga paling bergengsi di lima liga top Eropa, Liga Primer Inggris.

Dalam lawatan ke markas Liverpool ini, Tuchel memiliki kesempatan untuk bisa keluar sepenuhnya dari bayang-bayang Klopp dan membuktikan kemampuannya atas seniornya itu.

Apalagi, catatan mantan pelatih PSG itu saat menghadapi Klopp begitu buruk. Klopp menjadi pelatih yang paling sering mengalahkan Tuchel di sepanjang karier kepelatihannya, dengan torehan sembilan kekalahan dari 14 pertemuan.

Tapi Tuchel tak mau berkecil hati. Ia tetap menabuh genderang perang pertama dalam persaingannya dengan Klopp, tepatnya saat dirinya pertama kali ditunjuk sebagai pelatih Chelsea pada akhir Januari silam.

''Mari membuat segalanya lebih sulit buat mereka. Kami akan mencoba memangkas jarak kualitas dengan timnya dan mengikis reputasinya. Tentunya, dengan segala rasa hormat dan persahabatan terhadap dirinya,'' kata Tuchel seperti dilansir Football.London, beberapa waktu lalu.

Di papan klasemen, the Blues dan the Reds tengah bersaing ketat dalam perebutan empat besar klasemen sementara. Keduanya hanya terpisah satu poin. Chelsea di posisi kelima dan Liverpool di peringkat keenam dengan koleksi 43 dari 26 poin. Alhasil, laga ini bakal menjadi langkah krusial buat kedua tim untuk bisa finish di empat besar Liga Inggris.

''Kami masih berada dalam persaingan di perebutan empat besar dan itu menjadi kabar yang bagus,'' kata pelatih yang belum pernah merasakan kekalahan sejak resmi menukangi Chelsea.

Sementara Klopp akan menyambut duel nanti dengan kepercayaan diri yang tengah melambung. Kemenangan Sheffield United beberapa hari lalu telah mengakhiri catatan empat laga tak pernah menang.

''Kemenangan itu begitu penting lantaran bisa mendekatkan kami dengan tim-tim yang berada di atas kami di papan klasemen sementara. Kini kami ingin mendapatkan kembali (kemenangan) di laga kontra Chelsea,'' tutur Klopp seperti dilansir Sky Sports, awal pekan ini.

Dari segi kelengkapan skuat, Allison dikabarkan sudah siap diturunkan di bawah mistar gawang Liverpool usai absen di laga kontra Sheffield. Begitu juga dengan Fabinho yang telah kembali berlatih usai pulih dari cedera. Fabinho disebut-sebut bakal berduet dengan Ozan Kabak di jantung pertahanan the Reds.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA