Kamis 04 Mar 2021 06:46 WIB

Saudi Sediakan Vaksin Covid di Apotek secara Gratis

Kerajaan berupaya menjangkau vaksinasi secara menyeluruh kepada penduduk kerajaan.

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Warga Arab Saudi disuntik vaksin Covid-19
Foto: Arab News
Warga Arab Saudi disuntik vaksin Covid-19

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Menteri Kesehatan Arab Saudi, Dr. Tawfik Al-Rabiah mengatakan Arab Saudi akan menyediakan vaksin Covid-19 di apotek di seluruh kerajaan secara gratis. Terobosan ini merupakan upaya kerajaan untuk menjangkau vaksinasi secara menyeluruh kepada penduduk kerajaan.

Kerajaan telah menyediakan lebih dari 100 fasilitas vaksinasi di seluruh negeri sejak memulai kampanye vaksinasi nasional pada 17 Desember. Otoritas Makanan dan Obat Arab Saudi bahkan sedang mengevaluasi sejumlah vaksin Covid-19, dalam upaya memperluas proses vaksinasi di berbagai wilayah Kerajaan.

Kementerian Kesehatan mengatakan, evaluasi diperlukan untuk mengkaji proses vaksinasi agar bisa digunakan mulai dari usia 16 atau 18 tahun.

"Arab Saudi pada Selasa telah mengumumkan rencana untuk memperluas pusat vaksinasi di seluruh Kerajaan," kata juru bicara kementerian kesehatan Mohammed Al-Abd Al-Aly dilansir dari Arab News, Kamis (4/3).

"Namun, wanita hamil dan anak-anak masih tidak diizinkan untuk menerima vaksin virus corona karena penelitian lebih lanjut belum selesai," tambah Al-Aly.

Menkes juga mengumumkan vaksin Covid-19 akan menjadi prasyarat bagi petugas kesehatan yang mengikuti musim haji 2021. “Panitia vaksinasi harus dibentuk untuk musim Haji dan Umrah, di mana mereka telah diwajibkan penerimaan vaksin Covid-19 untuk petugas kesehatan yang berpartisipasi,” katanya

Arab Saudi baru-baru ini meluncurkan pusat vaksin drive-through di Riyadh, Makkah, Madinah, dan Abha. Individu yang ingin menerima suntikan harus terlebih dahulu mendaftar melalui aplikasi resmi Sehatty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement