Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sejumlah Warga Depok Tanam Sayur dengan Metode Hidroponik

Kamis 04 Mar 2021 00:54 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sejumlah Warga Depok Tanam Sayur dengan Metode Hidroponik (ilustrasi).

Sejumlah Warga Depok Tanam Sayur dengan Metode Hidroponik (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Terdapat berbagai manfaat menanam sayauran dengan metode hidroponik.

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Sejumlah warga Kelurahan Pondok Petir (Pontir), Kecamatan Bojongsari, Kota Depok berinisiatif melakukan penanaman sayuran pakcoy dengan metode hidroponik. Kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

"Kegiatan warga ini juga sebagai bahan belajar bagi warga yang belum tahu metode hidroponik," kata Inisiator Kegiatan, Suroso dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu (3/3).

Suroso menjelaskan, terdapat berbagai manfaat menanam sayauran dengan metode hidroponik. Antara lain, lebih ekonomis, serta tanaman yang dihasilkan juga menyehatkan dan lebih segar karena tidak menggunakan pestisida.

"Selain pakcoy, warga juga membuat kolam ikan. Kolam tersebut diisi dengan ikan mas. Mungkin dua hingga tiga bulan sudah bisa dipanen," jelasnya.

Menurut Suroso, program ini berhasil menunjang perekonomian dan kebutuhan pangan warga. Termasuk, mengubah lahan kosong menjadi produktif. 

"Teknik hidroponik ini cocok diterapkan di daerah perkotaan karena hampir tidak ada lahan yang tersedia akibat pembangunan yang befokus pada betonisasi," pungkasnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA