Rabu 03 Mar 2021 21:06 WIB

Dubai Islamic Bank Tawarkan Kerja Sama Ini pada BSI

Potensi pengembangan bisnis perbankan dan keuangan syariah di dunia sangat besar

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Gita Amanda
Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi (kiri) berbincang dengan Group Chief Executive Officer (CEO) Dubai Islamic Bank (DIB) Adnan Chilwan (kanan) usai melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (3/3/2021). Pertemuan tersebut membahas peluang kerja sama dan pengembangan bisnis antara Dubai Islamic Bank (DIB) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bank syariah terbesar di Indonesia.
Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA
Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI) Hery Gunardi (kiri) berbincang dengan Group Chief Executive Officer (CEO) Dubai Islamic Bank (DIB) Adnan Chilwan (kanan) usai melakukan pertemuan di Jakarta, Rabu (3/3/2021). Pertemuan tersebut membahas peluang kerja sama dan pengembangan bisnis antara Dubai Islamic Bank (DIB) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai bank syariah terbesar di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah potensi kerja sama PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk dan Dubai Islamic Bank mengemuka setelah pertemuan para eksekutifnya. Dubai Islamic Bank telah menyebut BSI sebagai partner.

Group Chief Executive Officer (CEO) Dubai Islamic Bank, Adnan Chilwan, menawarkan sejumlah kerja sama yang dapat segera direalisasikan. Mulai dari kerja sama sukuk global, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan pelatihan di Uni Emirat Arab (UEA), serta struktur pembiayaan untuk pengembangan produk dengan bank syariah ternama dan terbesar di kawasan Timur Tengah.

Baca Juga

"Kami sangat senang dengan kunjungan ini dan siap bersinergi serta menawarkan beberapa hal kerja sama lainnya, Dubai Islamic Bank adalah partner bagi Bank Syariah Indonesia," kata Adnan, Rabu (3/3).

Penjajakan kerja sama dan pengembangan bisnis tersebut dibicarakan dalam pertemuannya dengan Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi. Adnan juga menyampaikan selamat atas peresmian Bank Syariah Indonesia per 1 Februari lalu.

Ia mengaku senang karena dapat mengetahui langsung potensi serta segala hal mengenai Bank Syariah Indonesia sebagai bank syariah terbesar di negara ini. Menurutnya kehadiran Bank Syariah Indonesia penting untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah di dunia, khususnya Indonesia.

Adnan berharap ke depannya ada banyak kontribusi yang diberikan Bank Syariah Indonesia bagi umat. Kunjungan Adnan ke Kantor Pusat Bank Syariah Indonesia terwujud di sela penyelenggaraan Indonesia Emirates Amazing Week 2021 (IEAW) pada 1-7 Maret 2021, dan difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir juga Head of International Business & RE Investments Dubai Islamic Bank Anwar Belgaumi, Duta Besar RI untuk Abu Dhabi Husin Bagis, Atase Keuangan KBRI Abu Dhabi Boby Wahyu Hernawan, dan perwakilan Kementerian Luar Negeri. Hadir pula jajaran direksi Bank Syariah Indonesia.

Menyambut apresiasi dan kunjungan Adnan Chilwan, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia Hery Gunardi berkata bahwa potensi pengembangan bisnis perbankan dan keuangan syariah di dunia, khususnya Indonesia, masih sangat besar. Akan tetapi, saat ini potensi tersebut belum tergarap maksimal.

Karena itu, Hery berharap pertemuan Bank Syariah Indonesia dengan perwakilan Dubai Islamic Bank Group dapat menjadi titik awal terbentuknya sinergi dan kolaborasi. Untuk pengembangan bersama industri keuangan dan perbankan syariah ke depannya.

"Kami sangat menghargai tawaran kerja sama dari Dubai Islamic Bank, termasuk kami perlu belajar dari Dubai Islamic Bank dalam mengembangkan pembiayaan untuk pengembangan produk," katanya.

Ini merupakan peluang besar bagi BSI untuk memulai perjalanan mewujudkan visi dan misi membawa Bank Syariah Indonesia sebagai salah satu bank syariah terbesar di dunia yang berdampak positif bagi kemaslahatan umat. Bersama Dubai Islamic Bank, ia yakin ke depannya pengembangan industri keuangan dan perbankan syariah bisa semakin maksimal dilakukan.

Hal ini tentu akan membawa banyak dampak positif terhadap masyarakat, baik di dunia dan Indonesia. Pada kesempatan yang sama, Duta Besar RI untuk Abu Dhabi Husin Bagis menyebut pertemuan Direksi Bank Syariah Indonesia dengan perwakilan Dubai Islamic Bank Group menunjukkan eratnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement