Rabu 03 Mar 2021 19:29 WIB

Alasan Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan Dinilai Perlu

Pemanfaatan energi baru dan terbarukan dinilai mendesak dilakukan

 Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menilai pemanfaatan energi baru dan terbarukan mendesak dilakukan
Foto: MPR
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menilai pemanfaatan energi baru dan terbarukan mendesak dilakukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Peralihan pada pemanfaatan energi baru dan terbarukan harus segera dilakukan agar ekosistem tetap terjaga.

Atas dasar inilah, menurut Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat,  diperlukan peta jalan transisi energi nasional yang terarah dan terukur untuk mencapai kemandirian energi, sembari perlahan meninggalkan energi konvensional demi keseimbangan ekosistem. 

Baca Juga

"Pemanasan global dan perilaku manusia dalam beraktivitas memengaruhi perubahan iklim yang mengganggu keseimbangan ekosistem yang berdampak pada kehidupan manusia," kata Lestari, dalam diskusi “Peta Jalan Menuju Ketahanan dan Percepatan Transisi Energi Nasional yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 bersama DPP Partai NasDem, Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis &  Bidang Mineral dan Energi”, Rabu (3/3).  

Menurut Lestari, pengembangan energi baru terbarukan (EBT) memungkinkan ketergantungan terhadap energi fosil (migas, batubara) berkurang.

Tidak hanya itu, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, setiap inovasi juga memungkinkan terciptanya lapangan kerja baru dan peningkatan ekonomi masyarakat. 

Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang tertuang dalam PP 79 Tahun 2014, menurut anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, diharapkan mampu menjadi acuan pengelolaan energi sampai tahun 2050. 

Dengan acuan tersebut, jelas Rerie, target dan kondisi energi yang diharapkan dapat dikelola dengan baik. Apalagi, visi Indonesia dalam bidang energi bertujuan meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement